Senin, 20 April 2020

UJIAN SKRIPSI ONLINE MENGGUNAKAN PROYEKTOR DI TENGAH SOSIAL DISTANCING

Virus Corona (covid-19) telah menjadi momok menakutkan bagi setiap orang di muka bumi ini, virus Corona telah menyerang berbagai belahan dunia dan telah banyak memakan korban, baik korban yang sedang dirawat maupun korban jiwa termasuk di Indonesia, berasarkan data yang bersumber dari Tribunnews.com pada tanggal 05 April 2020. 
Total yang telah terinfeksi virus Corona di Indonesia sebanyak 2.092 orang, sementara yang meninggal dunia berjumlah 191 orang dan telah sembuh sebanyak 150 orang, sedangkan kasus yang sedang dirawat atau kasus aktif berjumlah 1.751 orang. Berdasarkan data tersebut jumlah ini tentu sangat besar, upaya penanganan nya terus saja diupayakan pemerintah dan berbagai kalangan dengan berbagai macam cara, salah satunya melarang kegiatan yang membuat orang-orang berkumpul (dalam hal ini termasuk kegiatan belajar mengajar) dan menerapkan social distancing.

Berpengaruh pada berbagai sektor

Keberadaan virus corona ini (covid 19) juga telah mempengaruhi dan melumpuhkan banyak sektor, terutama sektor pendidikan, sekolah-sekolah diliburkan bahkan tidak ada yang bisa memastikan entah sampaikan situasi ini akan pulih, dan bisa melakukan aktifitas belajar mengajar seperti biasa. Dengan demikian menjalankan proses belajar mengajar di rumah menjadi pilihan terbaik dengan cara memberikan tugas-tugas sekolah kepada siswa. Sedangkan di tingkat perguruan tinggi beberapa universitas terpaksa membatalkan kegiatan wisuda untuk antisipasi penyebaran virus ini, tentu ini mengecewakan bagi mahasiswa atau mahasiswi yang wisudanya dibatalkan karena momen ini merupakan momen yang sangat ditunggu tentunya.
Sedangkan dalam proses belajar mengajar di beberapa universitas, memanfaatkan kuliah online melalui aplikasi (seperti moodle, schoology, zeneus.net dan masih banyak aplikasi lainnya), menjadi pilihan terbaik karena menghindari waktu untuk berkomunikasi secara dekat (kontak fisik) yang merupakan salah satu cara untuk menghentikan virus corona ini. Dengan demikian, kecanggihan-kecanggihan teknologi untuk saat sekarang ini tentu memberikan nilai positif dalam keadaan wabah yang melanda ini, aktifitas belajar mengajar tetap bisa berjalan dengan baik dengan memanfaatkan aplikasi-aplikasi digital bahkan seperti ujian skripsi atau sidang skripsi tetap bisa dilaksanakan tanpa anda harus ujian di ruangan sidang kampus yang seperti biasanya dilakukan, dengan melalui aplikasi anda bisa ujian skripsi di mana saja bisa di kos atau di rumah. 
Bayangkan saja jika kecanggihan-kecanggihan teknologi seperti sekarang ini tidak ditemukan, tentu semakin menyulitkan kita dalam keadaan seperti ini, terutama bagi mahasiswa tingkat akhir yang telah menyelesaikan skripsi namun tidak bisa disidangkan diakibatkan oleh virus ini tentu merasa sedih sekali apalagi di beberapa universitas skripsi menjadi salah satu aspek untuk mendapatkan gelar yang di impikan.
Nah, berbicara mengenai ujian skripsi, alangkah baiknya kita memahami apa yang dimaksud dari ujian skripsi.  Ujian skripsi merupakan rangkaian akhir atau ujian terakhir yang harus dilewati oleh seorang mahasiswa agar mendapatkan gelar sarjana. Dengan kata lain ujian skripsi merupakan rangkaian dari beberapa tahap uji yang akan menentukan layak atau tidaknya seseorang itu menyandang gelar sarjana. Sehingga, tentu momen itu menegangkan dan juga momen yang ditunggu setiap mahasiswa sebagai proses yang harus dilewati dalam proses kuliah

Ujian Skripsi dengan Proyektor

Dalam hal ujian skripsi online, Tentu  berbeda dengan ujian skripsi pada umumnya, bagi anda yang ujian skripsi hanya dengan skripsi yang berisi tulisan menggunakan laptop dan menyampaikan dengan lisan tentu saja tidak menjadi masalah, akan tetapi, bagi anda yang skripsinya butuh penjelasan lebih dan memiliki banyak tabel, gambar, rumus dan data lain (biasanya skripsi mahasiswa akuntansi, matematika, biologi dll) yang harus disampaikan saat sidang atau ujian skripsi tentu menggunakan proyektor dalam menjelaskan hasil ujian tentu menjadi pilihan baik. Nah yang menjadi pertanyaan “apakah bisa ujian skripsi online menggunakan proyektor?? Jawaban tentu bisa, anda bisa menampilkan gambar, tabel atau data lainnya dan mengarahkan kamera yang tersambung dengan penguji anda ke arah screen proyektor dan menjelaskannya dengan baik, tentu ini akan bisa dilihat dan disaksikan dengan baik, baik oleh anda yang sedang ujian maupun oleh penguji anda. Atau metode selanjutnya anda juga bisa menghubungkan laptop yang anda gunakan untuk ujian online menggunakan proyektor dan dipantulkan atau diarahkan ke dinding atau layar, dengan begitu tentu baik power point skripsi (jika menggunakan power point) dan juga gambar penguji skripsi akan kelihatan besar bahkan anda bisa menonton bagaikan di bioskop.

Keunggulan Ujian Skripsi dengan Proyektor

keunggulan lainnya yang anda dapatkan jika ujian skripsi menggunakan proyektor yaitu tentu akan memudahkan anda dan penguji skripsi, dengan tampilnya data-data penting yang harus anda jelaskan, anda tidak perlu membuka atau membolak-balikkan skripsi atau buku lagi, data yang harus anda sampaikan cukup di buat dengan power point, Ms Word atau Ms Excel (dan sebagainya) yang cukup anda tampilkan saja di layar proyektor, tentu ini memudahkan anda dan juga akan membantu penguji skripsi melihat dengan jelas. Sehingga ini mampu menambah kepercayaan diri anda dalam menghadapi ujian, karena tak jarang kesalahan teknis mampu menimbulkan rasa grogi yang mengganggu dalam ujian skripsi, dan bahkan bisa juga berpengaruh akan terhadap nilai anda.
Dengan demikian, jangan sampai virus corona yang tengah mewabah ini menjadi penghalang bagi anda untuk tetap bisa ujian atau sidang skripsi dan mendapatkan gelar sarjana yang anda impikan, memamfaatkan teknologi seperti moodle, schoology, zeneus.net dan masih banyak aplikasi lainnya serta tetap menggunakan proyektor dalam proses menjelaskan hasil ujian anda menjadi pilihan terbaik untuk saat ini.

RENTAL LCD PROYEKTOR & TEMPAT SEWA SCREEN / LAYAR NO #1 MURAHNYA JOGJAKARTA - Penyewaan Proyektor Jogja profesional dengan Tarif Salah satu yang Termurah di Jogja, sebut saja SPMJ dan Info Menarik

Contact Us

Phone :

0813-9105-2952

Alamat :

- Jl. Tukangan No.13, Tegal Panggung, Danurejan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55212

- Tahunan UH3 RT.10 Rw.02 No.188, Tahunan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55167

- Jl. Gayam No.11, Semaki, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55165

Email :

spmj29@gmail.com