Jumat, 03 April 2020

PENGGUNAAN MEDIA FLIP CHART

PENGGUNAAN MEDIA FLIP CHART

Setiap benda tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, begitu juga flip chart sebagai media presentasi. Flip chart merupakan suatu alat yang digunakan untuk presentasi berupa kumpulan ringkasan, skema, gambar, tabel yang dibuka secara berurutan, tersusun dengan rapi dan baik berdasarkan dengan topik materi pembelajaran/informasi. Penggunaan flip chart dapat efektif jika disesuaikan dengan kebutuhan bagi penggunanya.
Bagaimana sih menggunakan flip chart dengan efektif sebagai alat presentasi? Flip chart masih jarang terdengar di beberapa orang, sehingga keberadaan flipchart masih jarang digunakan. Padahal penggunaan flip chart cukup efektif untuk berpresentasi. Efektif sebab flip chart dapat digunakan sebagai pengantar pesan informasi secara terencana maupun bisa disajikan secara langsung. Penyajian informasi dalam presentasi tersebut dapat berupa bagan, denah, skema, gambar-gambar, diagram, angka-angka dan lain sebagainya.

Adapun kelebihan pada penggunaan media flip chart, antara lain :

  • Mampu menyajikan materi secara ringkas, praktis, dan bertahap
Tentunya dengan menggunakan flip chart maka materi yang akan disampaikan bisa lebih efektif. Ringkas berarti point inti tersampaikan, praktis sebab hanya membutuhkan kertas sebagai media dan bertahap sebab point point akan disampaikan berurutan melalui kertas-kertas pada flip chart.
Bahan pembuatan relatif murah
  • Bahan yang dibutuhkan memiliki harga yang relatif murah, yaitu kertas sebagai media dan pensil/spidol sebagai alat tulisnya.
  • Dapat digunakan di dalam ruangan maupun di luar ruangan
Menggunakan flip chart saat presentasi dapat digunakan di luar ruangan maupun di dalam ruangan. Sebab bentuknya yang hanya menggunakan penyangga dan dapat di pindahkan kemana saja sesuai dengan kebutuhan (fleksibilitasnya tinggi).
  • Menghemat waktu untuk tidak menulis pada papan tulis
Tentu menggunakan flip chart yang fleksibel dapat menghemat waktu, sebab dapat dipindahkan sesuai dengan kebutuhan. Tidak seperti papan tulis yang hanya menempel di dinding. Dan tentunya menggunakan flip chart materinya sudah dapat disiapkan di beberapa kertas tanpa perlu menghapusnya, tidak seperti papan tulis yang perlu menghapus terlebih dahulu untuk melanjutkan materi berikutnya.

Adapun kekurangan yang dimiliki flip chart sebagai media presentasi, antara lain :

  • Membutuhkan waktu sebelumnya untuk mempersiapkan media
Menggunakan flip chart membutuhkan waktu untuk mempersiapkan media, seperti dalam pembuatan alat penyangga dan mencari objek gambar yang relevan dengan materi yang akan disampaikan
  • Flip chart relatif hanya cocok untuk pembelajaran pada kelompok kecil
Untuk kelompok besar kemungkinan penggunaan flip chart tidak efektif, sebab ukuran flip chart yang tidak terlalu besar sehingga tidak dapat dilihat semua orang dalam kelompok besar. Jadi relevan untuk menyampaikan bahan materi pada kelompok kecil
  • Penggunaan flip chart hanya digunakan sesuai dengan jarak maksimum audiens dalam melihat.
Jika berada diposisi yang cukup jauh maka kurang efektif, sebab ukuran flip chart yang tidak terlalu besar untuk dapat dilihat audiens dari jarak yang cukup jauh.
 

Tentunya sebuah flip chart harus jelas dan dapat terbaca oleh audiens. Nah berikut ini ada tips untuk menggunakan flip chart secara efektif :

  1. Jumlah Kertas yang Dibutuhkan
  2. Mempersiapkan Tulisan, Baik Sebagian atau Keseluruhan
  3. Gunakan Pensil Untuk Penanda
  4. Gunakan Warna Kontras untuk Tulisan / Gambar
  5. Tulisan Bisa di Baca oleh Audiens
  6. Jangan Menulis Sambil Berbicara
  7. Hindari Berdiri Depan FlipChart
  8. Belajar Membalik Kertas Dengan Baik
  9. Demikianlah tips sederhana untuk menggunakan flip chart sebagai media presentasi. Semoga bermanfaat.

RENTAL LCD PROYEKTOR & TEMPAT SEWA SCREEN / LAYAR NO #1 MURAHNYA JOGJAKARTA - Penyewaan Proyektor Jogja profesional dengan Tarif Salah satu yang Termurah di Jogja, sebut saja SPMJ dan Info Menarik

Contact Us

Phone :

0813-9105-2952

Alamat :

- Jl. Tukangan No.13, Tegal Panggung, Danurejan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55212

- Tahunan UH3 RT.10 Rw.02 No.188, Tahunan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55167

- Jl. Gayam No.11, Semaki, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55165

Email :

spmj29@gmail.com