Sabtu, 28 Desember 2019

Cara Merawat Lampu LCD Proyektor Agar Tidak Mudah Rusak dan Tahan Lama.

Cara Merawat Lampu LCD Proyektor Agar Tidak Mudah Rusak dan Tahan Lama


Membersihkan Filter Proyektor Epson

LCD proyektor merupakan rangkaian dari berbagai macam unit perlengkap, mulai dari lampu,  fan, hingga lensa. Kalau berbicara mengenai proyektor maka tak lepas dari lampunya, karna lampu LCD proyektor sangat penting dan menjadi salah satu inti dari LCD proyektor. 

Disini ita akan membahas bagaimana cara merawat dan menjaga lampu LCD proyektor agar tetap awet dan tahan lama. Banyak faktor-faktor yang mempengaruhi lampu LCD proyektor menjadi lebih cepat rusak, salah atunya adalah suhu panas yang berlebihan karna pemakaian yang tidak teratur, dan faktor penyebab lainya adalah umur pakai proyektor yang sudah lama. Seperti yang kita ketahui jika ingin mengganti lampu LCD proyektor harganya sangat mahal hampir setengah dari proyektornya sendiri. Untuk itu disini akan dijelaskan bagaiman tipe dan cara dalam menjaga dan merawat lampu LCD proyektor agar bisa tahan lama. Disini ada beberapa cara dalam menjaganya yaitu:

1.      Jangan menyalakan dan mematikan proyektor dengan sembaranagan

Proyektor merupakan barang yang sangat sensitif, jika cara pemakainya tidak sesuai dengan petunjuk maka sangat mungkin menyebabkan LCD proyektor anda menjadi lebih cepat rusak. Begitu juga pada saat menghidupkan dan mematikannya. Jika menghidupkan proyektor maka perhatikan langkah – langkah bagaimana cara yang baik dan benear dalam emnghidupkan dan mematikan yang benar. 
Untuk menghidupkan proyektor ada bebrapa langkah yang harus diperhatikan diantaranya:

  •  Jika menghidupakan proyektor maka pastikan semua lengkap, baiak itu kabel  power,kabel roll buat nyolok proyektor. Setelah semua tahapan siap baru tekan tombol power pada lcd proyektor anda.
  • Tunggu sampai proyektor menyala sendiri.
  • Jika ingin mematikan proyektornya, maka langkah yang dilakukan sama yaitu tinggal tekan tombol power lagi.
  • Tunggu proyektor sampai benar-benar mati, baru mencabut kabel powernya.
LCD proyektor membutuhkan beberapa menit untuk beroperasi dengan stabil, jika proyektor dinyalakan dan langsung dimatikan secara cepat, ini bisa membuat proektor menjadi tidak stabil,dan bisa berdampak kepada lampu proyektornya menjadi terbakar.

2.   Biarkan proyektor dingin  terlebih dahulu sebelum dicabut kabel powernya atau dimasukan kedalam tas.

Pada saat LCD proyektor dimatikan, kipas proyektor masih berputar, dan pada saat kipas tersebut masih berputar jangan mencabut kabel power listriknya, dan jangan memindahkan proyektor dulu, tunggu sampai benenr-bener sudah mati dan kipasnya sudah berhenti, karna ini bisa menyebabkan lampu LCD proyektor menjadi lebih mudah rusak.
  •  Jangan menggerak gerakan lampu proyektor ketika masih panas. Lampu LCD proyektor yang masih panas sangat sensitif dan rapuh. Guncangan dan gerakan dapat menyebabkan kawat lampu proyektormenjadi putus. 
  • Gunakan proyektor dalam mode Economis. Proyektor yang sekarang memiliki beberapa pilihan mode, salah satunya adalah mode economis. Dalam mengoprasikan proyektor usahakan menggunakan mode economis untuk menghemat umur dari lampu LCD proyektor, dan bisa memperpanjang umur lampu proyektor anda.
  • Jangan menpermainkan zoom dan focus dari proyektor.Tombol zoom pada proyektor berhubungan langsung dengan lampu. Zoom berfungsi untuk memperbesar tampilan gambar atau vidio yang dihasilkan oleh proyektor tersebut, begitu juga dengan focusnya yang berfungsi untuk memperjelas tampilannya. Jika sudah mengatur focus dan zoomnya makan jangan memainkan atau tombol tersebut, karna bisa berdampak ke lampu proyektornya.

Proyektor masih baru tapi kok sudah rusak???. 

Bisa jadi penyebabnya adalah cara pemakaian kita yang kurang hati-hati atau kita yg kurang peduli dengan proyektor kita, dan bodo amat yang penting makai saja.
Perawatan proyektor sangatlah mudah dilakukan agar proyektot jadi awet. Disini saya akan menjelaskan cara atau tipe merawat proyektor agar tetap bagus dan gak mudah rusak:
  1.    Pemakaian LCD Proyektor

Waktu kita menggunakan lcd proyektor alangkah baiknya kita perhatikan dulu hal-hal yang dapat merusak atau memperpendek umur kerja dari proyektor tersebut.Saat kita mau meletakan proyektor, pastikan meja sebagai wadah atau alas dari proyektor tersebut sudah ditempatkan pada posisi yang bener dan dalam keadaan aman,baik dari sinar matahari karna sianar matahari akan menambah suhu panas pada proyektor anda,dan bisa menyebabkan kerusakan pada komponen lcd proyektor anda. Hindari pemindahan proyektor pada saat sedang menyala,karna pemindahan tersebut dapat menyebabkan bola lampu pada proyektor bisa putus,karna bola lampu itu sangatlah sensitif. Jadi ketika ingin memindahkan proyektor alangkah baiknya dimatikan dulu.

      2.  Menghidupkan LCD Proyektor

Pada saat menghidupkan proyektor langkah yang harus kita perhatikan adalah sebelum kita menghubungkan proyektor dengan listik atau menghidupkan powernya kita pastikan dulu kabel  Power dan VGA atau RCA sudah tersambung,kalau belum terhubung. Stelah semua terhubung  baru tekan tombol powernya. Jangan lupa pastikan bahwa semua kabel baik kabel power,VGA atau RCA,HDMI dalam keadaan ok.

      3. Mematikan LCD Proyektor

Dalam mematikan lcd proyektor kita jangan maen cabut aja kabel powernya,kita harus memperhatikan cara-cara mematiakan yang baik,yakni pertama tekan tombol power pada proyektor anda,tiap merk proyektor berdeda dalam mematikannya,ada yang sekali tekan tombol power langsung mati ada juga harus tekan dua kali. Apabila itu sudah langkah selanjutnya tunggu sampai proyektor tersebutbenar-benar sudah mati,dan ditandai dengan berhenti berputar kipas pada proyektor tersebut.Langkah terahir adalah mencabut kabel power yang terhubung kelistrik,dan jangn lupa mencabut kabel VGA,RCA,atau HDMI yang anda gunakan.
4.      Perawatan LCD proyektor
Untuk Perawatan LCD peroyektor, kita harus pandai mengatur pengoprasiannya, jangan kita gunakan terus menerus tanpa adanya istirahat. Layaknya seperti manusia apabila di suruh kerja terus menerus tanpa adanya istirahat maka dia akan dengan cepat drop. Apabila LCD proyektor tersebut digunakan seharian full maka sempatkan diistirahatkan sebentar guna menurunkan suhu panas dari lampu proyektor tersebut. Dan untuk filter proyektor itu sendir usahakan di bersihkan sebulan sekali guna menghindari overheathing akibat terhalangnya debu pada kipas proyektor.

5.      Penyimpanan LCD Proyektor

Langkah terahir adalah menyeimpannya, setelah langkah pertama pemakaian, menghidupka,mematikan,dan perawatan dan langkah terahir adalah penyimpanan dari proyektor tersebut. Langkahnya adalah usahakan proyektor tersebut di taruh pada tempat yang aman, bebas dari sinar matahari secara langsung dan bebas dari air (basah). Dan jika tidak memiliki lemari penyimpanan khusus maka taruhlah pada tas penyimpanan.

Akibat dari kerusakan lampu LCD proyektor beberapa masalah baru juga ikut bermunculan, serti: muncul bintik –binting hitam, warna pada tampilan layar lcd proyektor berubah menjadi kuning,biru, LCD proyektor bergaris, lcd proyektor tampilan blur tidak jelas, atau bahkan LCD proyektornya sudah tidak berfungsi lagialais mati total.

Berkaitan dengan warna LCD proyektor yang berubah menjadi kuning atau biru, kemungkinan yang rusaka atau bermasalah adalah pada bagian
·         konektor Kabel VGA atau HDMInya.
·         Adanya kerusakan pada bagian blik RGB pada IC warna pada lcd proyektor



RENTAL LCD PROYEKTOR & TEMPAT SEWA SCREEN / LAYAR NO #1 MURAHNYA JOGJAKARTA - Penyewaan Proyektor Jogja profesional dengan Tarif Salah satu yang Termurah di Jogja, sebut saja SPMJ dan Info Menarik

Contact Us

Phone :

0813-9105-2952

Alamat :

- Jl. Tukangan No.13, Tegal Panggung, Danurejan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55212

- Tahunan UH3 RT.10 Rw.02 No.188, Tahunan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55167

- Jl. Gayam No.11, Semaki, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55165

Email :

spmj29@gmail.com