Rabu, 25 Juli 2018

PROYEKTOR
Proyektor merupakan alat optik yang banyak digunakan untuk menampilkan sebuah video atau gambar pada layar proyeksi atau yang sering kita sebut sebagai screen proyektor. Seiring berkembangnya zaman, penggunaan akan proyektor sangat dibutuhkan untuk berbagai macam kegiatan diantaranya untuk presentasi produk, meeting, pengajian hingga acara keluarga dan masih banyak lagi acara lainnya yang membutuhkan penggunaan proyektor.
Adapun jenis proyektor yang sering kali kita temui dan digunakan diantaranya proyektor LCD biasanya ini digunakann untuk presentasi di kelas-kelas perkuliahan ataupun sekolah dan perkantoran, tapi bukan berarti proyektor LCD jenis ini tidak bisa digunakan sebgai home theater. Lampu yang digunakan pada proyektor lcd merupakan jenis halide logam dimana lampu ini dapat memberikan intensitas cahaya yang tinggi dan ukurannya yang relatif kecil dengan sistem kerja cahaya berpusat pada satu titik kemudian menyebar ke semua arah dan dipantulkan cermin untuk mengumpulkan cahaya yang dihasilkan.
Pengoprasiannya yang mudah, membuat Proyektor LCD banyak diminati masyarakat. Untuk penggunaannya sendiri cukup menghubungkan antara proyektor dengan komputer/laptop, tapi akan berbeda settingan penggunaannya jika paralel, ada beberapa equipmen pendukung lainnya seperti spliter VGA/HDMI.
Sering kali kita dapati ketika nonton bola bareng menggunakan proyektor tampilannya redup bahkan tampilan cendrung pucat, hal itu dapat kita atasi sebelum menggunakan proyektornya. Bisa dengan melihat spesifikasi dari proyektor yang akan kita gunakan, diantaranya dengan memilih proyektor dengan lumens yang tinggi dan jenis panelnya, agar sesuai dengan lebar layar atau screen yang digunakan. Adapun Tingkat resolusi layar dalam proyektor LCD yaitu :
Jenis panel Resolusi
VGA 640X480 pixel
SVGA 800X600 pixel
XGA 1024X768 pixel
SXGA 1280X1024 pixel
WXGA 1366X769 pixel
UXGA 1600X1200 pixel
WUXGA 1920X1200 pixel

Lumens merupakan standar pengukuran kuat cahaya yang dihasilkan, dimana semakin besar lumens maka semakin terang pula cahayanya. Penggunaan proyektor dengan entitas cahaya dalam ruangan yang terang disarankan menggunakan proyektor dengan lumens tinggi seperti proyektor 3500 lumens hingga 10.000 lumens. Penggunaan proyektor dengan lumens tinggi diharapkan akan memaksimalkan tampilan yang dihasilkan proyektor, karena ketika kita menggunakan proyektor dengan lumens rendah dalam ruangan atau luar ruangan yang terang, gambar yang ditampilkan proyektor akan cendrung trekihat pucat / kurang jelas. Kelebihan dari menggunakan proyektor LCD dengan Lumens tinggi diantaranya dapat menayangkan video, gambar maupun text dengan jelas. Tampilan proyektor yang jelas tentu akan memberikan kesan menarik pada saat presentasi atau even, salah satu proyekto dengan lumens tinggi yaitu HITACHI CP-X5550 dengan spesifikasi sebagai berikut:
Display device 3 LCD 0.63” aspect ratio 4:3
Rsolution XGA [1024 x 768]
Brightness 5800 ANSI lumens [normal mode] / 4060 ANSI lumens
Contrrast aratio 10,000:1
Lens Manual focus, manual zoom x1.6
Lens shift Manual [V:0-50%,H:±5%]
Lamp wattage 300W
Diagonal display size 30”-300” [76cm-762cm]
Lamp life 4000 hours [normal mode] / 6000 hours [eco mode]
Distance to width ratio 1.4-2.3
Focus distance 0.8-8.6m [wide] / 1.4-14.0 [tele]
Computer compatibility VGA, SVGA, XGA, WXGA, WXGA+, SXGA, SXGA+, WXSGA, MAC 16
Component video/HDMI 525i(480i), 525p(480p), 625i(576i), 1125i(1080i@50/60), 750p(720p@50/60), 1125p(1080p@50/60)
Digital input 2 x HDMI [HDCP compatible]
Computer input 1 x15-pin Mini-D-sub
Monitor output 1 x D-sub 15-pin connector, 1 x HDMI
Video input RCA connector x 1
Control 1 x D-sub 9-pin
Usb type A 1
Wired network 1 x RJ-45
Wireless network IEEE802.11b/g/n [optional USB wireless adaptor is required]
Wired remote control port 1 x 3.5mm mono mini conector
Dimensions [W X H X D] 460 x 138 x 334mm [excluding feet and extrusions]

Kelebihan lain dari proyektor hitachi ini adalah bisa merubah tingkat lumens nya manjadi lebih tinggi lagi hingga 10.000 lumens yakni dengan cara stacking, pertama gunakan pola petren atau garis kotak untuk mempermudah menyatukan gambar pertama dan gambar kedua, untuk proyektor pertama pastikan tampilan awalnya lebih besar daripada tampilan proyektor kedua, kemudian samakan posisi zoomnya dan disamakan garis fertikalnya, setelah zoom disamakan pastikan juga gambar sudah fokus, lalu geser juga garis horizontalnya apstikan garisnya tepat atau sesuai dengan garis pada proyektor utama. Untuk lebih maksimal dalam stacking pastikan garis benar benar pas pada garis yang sama, karena jika sedikit saja ada garis yang melenceng, gambar akan terlihat kabur dan membuat mata kita sakit dan tersa pusing jika terlalu lama melihatnya. Jika dirasa sudah memastikan zoom dan focusnya pas, tapi masih terlihat miring coba cek kembali permukaan proyektornya, jika permukaan proyektor tidak rata anda bisa mengatasinya dengan bantuan memanjangkan kaki proyektornya yang pastinya disesuaikan dengan gambarnya supaya garisnya menyatu. Jika sudah menyatu anda tinggal tekan tombol auto untuk mensingkronkan tampilan proyektor dengan yang ada di laptop atau komputer. Catatan penting, untuk stacking ini harus menggunakan 2 proyektor dengan jenis/merek dan tipe yang sama.

Perlu diketahui bahwa harga dari setiap proyektor akan berbeda satu sama lain, itu dikarena kualitas dan spesifikasi, adapun harga proyektor HITACHI CP-X5550 berkisar Rp 20.000.000, anda bisa mendapatkan harga lebih murah, bisa juga lebih mahal itu semua tergantung dimana anda membelinya. Jika dirasa harganya terlalu mahal, kami merekomendasikan proyektor lainnya yg tetntunya dengan ansi lumens yang tinggi juga namun masih dibawah tingkatan HITACI CP-X5550, yaitu proyektor EPSON EB-X450 ukurannya yang standar dan simpel seperti halnya proyektor pada umumnya, proyektor ini cocok untuk ruang pertemuan atau sebagai home theater dengan spesifikasi kecerahan putih dan warna pada 3600 ansi lumens, resolusi XGA, rasio kontras tinggi 15.000:1, penggeser keystone horizontal, 10.000 jam umur lampu di eco mode. Utnuk kontektifitasnya sendiri
Antarmuka USB : USB tipe A : 1 [ utuk memori usb, kamera dokumen USB, untuk unit LAN nirkabel, pembaruan firmware ] .
USB tipe B : 1 [ untuk tampilan USB, mouse, K / B, kontrol, pembaruan firmware ]
Input analog : D-sub 15 pin: 1 [ pencetakan biru ]
Komposit : RCA x 1 [ port kuning ]
Input digital : HDMI: 1 [ MHL tidak didukung ]
Input audio : 2 RCA [ putih / merah ]
kelebihan lain dari EPSON EB-X450 yaitu adanya penggeser keyston horizontal dimana dengan penggeser ini tidak menggharuskan proyektor diletakkan pas di depan layar atau screennya. Anda juga bisa menggunakan proyektor epson ini untuk nonton bola bareng – bareng  dengan menambahkan beberapa alat lainnya seperti tv tuner atau menggunakan tv pada unmumnya sebagai input. Sebagai info untuk harga proyektor EPSON EB-X450 kurang lebih berkisar Rp 6.300.000..
Jika anda hendak membeli untuk pemakaian dengan ruangan yang tidak begitu besar kami sarankan untuk menggunakan proyektor seperti epson eb-x450 karan fisiknya yang simpel dan mudahnya dalam pengoprasiannya / setting dengan digantung menggunakan baracket di langit langit ruangan maupun diletakkan di atas meja saja. Beda halnya dengan proyektor hitachi cp-x5550 yang bentuknya lebih besar daripada proyektor pada umumnya dan biasanya proyektor ini hanya digunakan untuk ruangan yang besar seperti ball room di hotel yang memang mengharuskan maksimalisi tampilan proyektor karna terangnya suasana ruangan dan besarnya ruangan.
Tibalah pada akhir pembahasan terkait proyektor dan penggunaanya semoga bermanfaat bagi anda para pembaca. Adapun alternatif bagi anda yang tidak ingin membelinya dengan alasan satu dan lain hal kami menyarankan untuk memakai jasa sewa proyektor yang mana tidak akan direpotkan anda lagi dengan bagaimana setting yang pas untuk acara anda [terima jadi, sesuai request anda]. Untuk sewa proyektor di kota jogja, anda bisa menghubungi costumer kami via call / chat whatsapp di 081391052952.
Terima kasih atas kunjungan anda pada artikel ini, semoga bisa membantu anda dalam bekerja atau beraktifitas

RENTAL LCD PROYEKTOR & TEMPAT SEWA SCREEN / LAYAR NO #1 MURAHNYA JOGJAKARTA - Penyewaan Proyektor Jogja profesional dengan Tarif Salah satu yang Termurah di Jogja, sebut saja SPMJ dan Info Menarik

Contact Us

Phone :

0813-9105-2952

Alamat :

- Jl. Tukangan No.13, Tegal Panggung, Danurejan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55212

- Tahunan UH3 RT.10 Rw.02 No.188, Tahunan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55167

- Jl. Gayam No.11, Semaki, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55165

Email :

spmj29@gmail.com