Minggu, 28 Januari 2018

ULASAN JENIS-JENIS LAYAR PROYEKTOR DAN FAKTOR YANG HARUS ANDA PERHATIKAN UNTUK MENDAPATKAN LAYAR YANG PALING TEPAT UNTUK ANDA


Layar atau screen proyektor merupakan media yang dijadikan alat untuk menampilkan gambar hasil proyeksi dari proyektor. Layar atau screen proyektor, terbuat dari bahan yang mampu memproyeksikan gambar secara optimal sehingga hasil proyeksi yang ditampilkan menggunakan proyektor lebih baik dibandingkan ketika sam dan mbak memantulkan atau memproyeksikan ke tembok, hal tersebut terjadi karena tembok tidak memiliki tekstur yang baik ketika memantulkan cahaya dari proyektor, berbeda dengan layar proyektor yang mampu memantulkan cahaya dari proyektor secara baik.
Selain itu, agar hasil gambar lebih hidup. Selain sam dan mbak menggunakan proyektor dan layar proyektor, sebaiknya memperhatikan juga tipe-tipe screen, kemudian jarak tembak hingga metode proyeksi yang cocok digunakan.kegiatan yang dilakukan sam dan mbak. Selain mendapatkan hasil gambar yang detail, tajam dan lebih hidup. Menggunakan proyektor dengan metode serta spesifikasi layar yang tepat dapat menjadikan proyektor yang sam dan miliki menjadi lebih awet. Baik bentuknya maupun daya tahan fitur-fiturnya.
Karena adanya layar atau screen proyektor, sama persisnya pentingnya dengan adanya proyektor maka sam dan mbak sebaiknya mengetahui beberapa jenis-jenis proyektor, sehingga bisa memilih layar atau screen yang tepat digunakan untuk kegiatan sam dan mbak sehari-hari, 

Berikut ini beberapa jenis layar atau screen proyektor, antara lain:

  1. Layar portable

Screen atau layar proyektor memiliki tipe yang bermacam-macam jenisnya, salah satunya adalah layar atau screen portable. Sesuai dengan namanya, layar portable sangat mudah digunakan sehingga sangat cocok untuk sam dan mbak yang baru saja menggunakan layar/screen proyektor atau pemula. Selain cocok untuk pemula yang baru belajar menggunakan layar/screen proyektor atau yang baru memiliki layar/screen proyektor, layar portable juga cocok digunakan untuk sam dan mbak yang mempunyai kegiatan yang mobile karena mudah untuk dipindah-pindahkan.
Jadi untuk sam dan mbak yang memiliki banyak kegiatan dan ingin membawa layar proyektor kemana-mana, layar atau screen portable ini bisa dijadikan pilihan utama untuk kegiatan sam dan mbak. Seperti: seminar-seminar diberbagai tempat dalam satu hari, presentasi bisnis, presentasi dengan klien diberbagai tempat dan lain sebagainya. Salah satu jenis dari layar atau screen portable adalah Microvision Portable Screen PSMV80L.
  1. Layar tripod

Pada layar atau screen tripod memiliki ciri-ciri layar yang memiliki kaki peyangga, penyangga tersebut memiliki tiga kaki dan juga tiang. Karena memiliki peyangga dan tiang, layar dan screen tripod ini menjadi lebih fleksible digunakan diberbagai jenis acara serta dapat ditempatkan diberbagai jenis ruang. Untuk jenis screen atau layar tripod contohnya adalah Microvision Tripod Screen TSMV2424L.
Untuk sam dan mbak yang memiliki kegiatan mobile, layar atau screen tripod ini juga cocok digunakan untuk sam dan mbak. Selain itu, sam dan mbak dapat menggunakan layar atau screen tripod untuk acara yang lebih bervaryasi. Mulai dari pekerjaan kantoran, pekerjaan dibidang pendidikan, pekerjaan swasta, dan lain-lainnya.
  1. Layar motorized

Pada layar atau screen motorized, memiliki ciri-ciri terdapat motor yang dapat menggerakan layar membuka dan menutup secara otomatis, kegiatan ini dapat dilakukan dengan menggunakan remote control. Motor yang terdapat pada layar atau screen motorized ini adalah tabulator motor dan synchronous motor.
Tabulator pada layar atau screen motorized berfungsi untuk menggulung layar atau screen. Bentuk dari tabulator motor yaitu body-nya yang besar disebabkan tabulator motor berbentuk tabung, sehingga dapat menyimpan hasil gulungan layar atau screen proyektor. Sedangkan synchronous motor memiliki fungsi yang sama yakni menggulung layar hanya saja pada synchronous menggunakan gear sehingga ciri dari motor ini body-nya kecil. Contoh untuk layar atau screen motorized adalah D-Light Motorized Wall Screen 2424RL.
  1. Layar table

Pada layar atau screen table, memiliki ciri-ciri bentuknya yang unik seperti meja. Ukurannya pun kecil dan sangat ringan, sehingga cocok untuk sam dan mbak yang akan menggunakan layar atau screen untuk kegiatan yang mendadak atau mobile user tinggi. Bentuknya yang sangat simple memudahkan sam dan mbak memindahkan serta memindahkan dari satu ruang ke ruang yang lainnya.
Contoh layar atau screen table adalah Microvison Table Screen SSMV40L. sam dan mbak yang bekerja sebagai pembicara diberbagai acara, hendaknya mengunakan layar atau screen ini. Karena layar atau screen table sangat membantu kegiatan sam dan mbak yang sangat padat.
  1. Layar manual

Layar atau screen manual biasanya disebut dengan Manual Pull Down Screen. Layar manul pull down screen memiliki ciri-ciri bentuknya yang besar serta ditempatkan di dinding tembok. Sistem kerja layar ini masih manual yaitu dengan menarik layarnya secara manual ketika hendak digunakan. Pada layar atau screen manual pull down screen terdapat self lock controller. Lalu, apa sih fungsi self lock controller? Fungsinya adalah mengunci layar, sehingga layar tidak tergulung kembali ketika digunakan. Layar atau screen ini tidak hanya membuka dilakukan secara manual, tetapi juga ketika menggulung proyektor dilakukan dengan manual.
Kelebihan dari layar atau screen manual pull down screen adalah harganya yang murah. Contoh layar ini adalah Manual Wall Screen MWSMV1212L. Untuk sam dan mbak yang akan menggunakan layar atau screen diruangan yang tetap seperti aula rapat atau dirumah untuk menonton film, layar atau screen manual pull down screen sangat cocok digunakan karena ukurannya yang besar.
  1. Layar fast fold

Pada layar atau screen fast fold memiliki ukuran yang sangat besar, ciri lain dari layar atau screen ini adalah memiliki kerangka yang kuat disetiap sisi-sisinya begitu pula dengan kaki penyangganya sangat kokoh. Sehingga layar atau screen ini cocok digunakan untuk keperluan di auditorium yang besar. Contoh layar atau screen fast fold adalah Microvision Fast Fold Screen 1520.
Untuk sam dan mbak yang akan menggunakan proyektor untuk acara-acara diruangan yang sangat besar atau untuk menonton film dengan penonton yang banyak. Layar atau screen fast fold sangat cocok digunakan untuk acara-acara tersebut. Bentuk layarnya yang besar menjadikan hasil gambar semakin terlihat nyata dan bisa dilihat oleh banyak peserta atau audiens.
  1. Layar fixed frame

Jenis layar yang terakhir adalah layar atau screen fixed frame. Ciri-ciri dari layar atau screen ini adalah setiap sisinya terdapat kerangka, hanya saja layar atau screen ini tidak memiliki penyangga. Layar atau screen fixed frame ini sangat cocok digunakan pada ruangan rapat serta digunakan sebagai home teater, karena bentuknya yang standar dan tidak berpindah-pindah sehingga lebih nyaman digunakan untuk aktifitas yang tetap.
Demikian beberapa jenis layar atau screen proyektor yang harus sam dan mbak ketehui sebelum memutuskan untuk membeli layar atau screen. Pilihlah layar/screen yang sesuai dengan kebutuhan sam dan mbak sehari-hari, agar hasil gambar yang diperoleh lebih maksimal serta sam dan mbak tidak kesulitan ketika hendak menempatkan disuatu tempat atau ruangan.
Selain mengetahui jenis-jenis layar atau screen proyektor, sam dan mbak juga perlu memperhatikan beberapa hal untuk mendapatkan layar yang tepat untuk sam dan mbak. Hal-hal tersebut antara lain: 

Pencahayaan ruangan, Ukuran layar, konfigurasi.

  1. Pencahayaan Ruangan

Sam dan mbak, ketika hendak memutuskan menempatkan layar atau screen proyektor, hendaknya memperhatikan bagaimana pencahayaan ruangan tersebut. Sesuaikan pencahayaan dengan kebutuhan yang akan sam dan mbak lakukan. Untuk sam dan mbak yang akan menggunakan proyektor dan layar untuk pekerjaan, maka carilah ruangan yang memiliki cahaya yang cukup sehingga proyektor tidak mengeluarkan resolusi yang tinggi serta layar dapat memproyeksikan gambar dengan sempurna, disini sam dan mbak dapat menggunakan layar atau screen yang sifatnya mudah dibawa kemana-mana atau yang bersifat penempatan yang tetap.
Sedangkan untuk sam dan mbak yang akan menggunakan proyektor dan layar untuk menonton film atau home proyektor, gunakan ruangan yang memiliki sedikit cahaya atau penerangan. Carilah ruangan yang memiliki warna dominan abu-abu gelap serta gunakan layar atau screen fixed frame untuk mendapatkan hasil gambar yang terlihat nyata atau hidup.
  1. Ukuran Layar

Ukuran layar atau screen juga menjadi bahan pertimbahan sebelum sam dan mbak membeli layar proyektor. Sesuaikan kebutuhan, apakah layar tersebut akan digunakan oleh audiens dalam jumlah yang banyak atau tidak. Jika sam dan mbak akan menggunakan layar atau screen proyektor dengan jumlah audiens yang banyak, gunakan layar atau screen proyektor dengan ukuran yang besar dan bersifat tetap seperti layar atau screen fast fold. Sedangkan untuk sam dan mbak yang akan menggunakan layar atau screen dengan total audiens yang normal atau sedikit, bisa menggunakan layar atau screen tripod, layar portable, dan lain-lain.
  1. Konfigurasi

Konfigurasi layar sangat dibutuhkan untuk mencocokan antara layar proyektor yang akan digunakan dengan metode proyeksi yang akan dipakai untuk kegiatan sam dan mbak. Sehingga hasil gambar yang dihasilkan menjadi lebih sempurna, ketika cahaya ditembakan dari proyektor ke layar atau screen proyektor.
Apabila sam dan mbak akan menempatkan proyektor yang dimiliki sam dan mbak pada langit-langit, sebaiknya sam dan mbak menggunakan layar manual pull down screen atau layar motorized. Sehingga sam dan mbak lebih mudah ketika akan menarik dan menggulung layar sesudah dan ketika akan digunakan. Layar atau screen ini sangat cocok digunakan untuk kebutuhan yang bersifat tetap disuatu ruangan tertentu.
Sedangkan sam dan mbak yang akan menggunakan proyektor untuk kebutuhan diruangan yang sangat besar seperti auditorium, home teater, tempat konser hingga untuk kebutuhan religi dapat menggunakan layar fast fold. Layar yang berukuran besar ini, sangat membantu audiens untuk melihat gambar lebih jelas dan terang, sehingga acara menjadi lebih hidup dan berkesan.
Untuk sam dan mbak yang memerlukan proyektor dan layar proyektor yang akan dipindahkan dalam ruangan-ruangan dengan jarak yang tidak terlalu jauh, dapat menggunakan layar atau screen tripod. Dengan penyangga dan kaki yang dimiliki layar atau screen tripod, memudahkan sam dan mbak menempatkan layar atau screen diruang-ruang tanpa harus menyesuaikan dengan bentuk ruangan. Penggunaan layar atau screen tripod juga membantu sam dan mbak lebih hemat waktu ketika hendak memasang dan melepaskannya rangkaiannya.
Jika sam dan mbak memiliki kegiatan atau aktivitas yang mobile, maka sam dan mbak dapat menggunakan layar/screen portable atau layar/screen table. Kedua layar atau screen ini sangat ringan dan mudah dibawa kemana-mana sehingga sangat cocok digunakan oleh sam dan mbak yang memiliki aktifitas yang tinggi karena layar atau screen tersebut mudah dibawa dan dipasang sehingga tidak merepotkan ketika digunakan.
Dari penjelasan diatas, sam dan mbak dapat menangkap kesimpulan layar yang tepat digunakan untuk kegiatan sam dan mbak. Sehingga sam dan mbak lebih nyaman ketika menggunakan proyektor dan layar proyektor saat menjalankan aktivitas baik pekerjaan, hiburan maupun membantu kegiatan ibadah.
Pada penempatan proyektor dan layar, Sam dan mbak jangan lupa dengan metode proyeksi yang tepat ya.. selain hasil tampilan menjadi lebih sempurna. Kombinasi antara pemilihan proyektor, layar proyektor dan metode proyeksi yang tepat akan menjadikan proyektor yang dimiliki sam dan mbak lebih terawat serta awet. Terutama keawetan usia lampu atau lamp life.

Metode proyeksi

Metode proyeksi terbagi menjadi dua, yaitu:
  •  Front Projection, yang dikelompokan menjadi dua, yaitu : Front Ceiling dan Front Desk.

Metode Front Projection merupakan metode yang menempatkan proyektor didepan layar, sehingga audiens dapat melihat posisi proyektor tersebut. Untuk Front ceiling, yakni menempatkan proyektor pada langit-langit atau diatas, keuntungan menempatkan proyektor diatas langit-langit adalah proyektor tidak tersenggol sehingga gambar tidak goyang. Sedangkan untuk front desk, penempatan proyektor ditempatkan diatas meja di depan layar.
  •  Rear Projection, yang dikelompokan menjadi dua, yaitu : Rear Desk dan Rear Ceiling

Metode Rear Projection merupakan metode yang menempatkan proyektor dibelakang layar, dalam kondisi ini audiens tidak mengetahui posisi letaknya proyektor karena tertutup layar. Untuk rear ceiling, yakni menempatkan proyektor di langit-langit belakang layar proyektor. Sedangkan untuk rear desk menempatkan proyektor diatas meja dibelakang layar, kelebihan penempatan proyektor diatas meja adalah memudahkan administrator untuk men-setting fitur-fitur tertentu ketika terjadi kesalahan sewaktu-waktu atau saat men-setting gambar diawal acara.

RENTAL LCD PROYEKTOR & TEMPAT SEWA SCREEN / LAYAR NO #1 MURAHNYA JOGJAKARTA - Penyewaan Proyektor Jogja profesional dengan Tarif Salah satu yang Termurah di Jogja, sebut saja SPMJ dan Info Menarik

Contact Us

Phone :

0813-9105-2952

Alamat :

- Jl. Tukangan No.13, Tegal Panggung, Danurejan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55212

- Tahunan UH3 RT.10 Rw.02 No.188, Tahunan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55167

- Jl. Gayam No.11, Semaki, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55165

Email :

spmj29@gmail.com