Kamis, 04 Mei 2017

Membuat Home Theater Dirumah Lebih Asik


Hallo sobat SPMJ, sudah update film terbaru belum nih.. Kebanyakan orang atau mungkin hampir semua orang suka banget yang namanya menonton entah itu yang ditonton film, berita, olahraga, sinetron, komedi atau yang lainnya. Menonton memang sangat menyenangkan, apalagi bagi orang yang sudah seharian berpusing ria dengan pekerjaanya atau mahasiswa yang setiap hari harus deadline tugas wah serasa jadi penghibur banget deh. Tidak hanya orang dewasa saja anak-anak pun sangat hobi menonton lho, film kartun tentunya. Apalagi kalau libur sekolah mereka bisa menghabiskan waktunya dari pagi sampe sore hanya untuk menonton. Hayooo sobat SPMJ siapa yang seperti itu... hehe

Dijaman yang serba canggih ini banyak industri film berlomba-lomba memproduksi film yang menarik. Salah satu targetnya adalah para remaja sehingga kebanyakan film yang mereka produksi yaitu tentang percintaan, persahabatan, dan film yang bergenre komedi_pun sangat laris dikalangan remaja. Tahun-tahun lalu sangat ramai dengan adanya Drama Korea atau yang biasa disingkat dengan DraKor. Film ini sangat digandrungi remaja putri dan mungkin sampe sekarang_pun masih. Karena aktor dan aktrisnya ganteng-ganteng dan cantik-cantik juga filmnya romantis bikin baper yang menonton, “katanya sih gitu”. Sekarang film bisa ditonton dimana saja, dengan adanya internet mereka bisa mengakses web yang menyediakan layanan menonton atau bisa juga mendownload film yang diinginkan, salah satunya adalah Youtube. Dengan sekali klik Youtube, sobat bisa mendapatkan banyak film bahkan film yang terbaru. Mau mencari film atau video apapun semuanya ada, tapi hati-hati yah pilih filmnya yang benar karena biasanya judul tidak sama dengan isinya. Ganool juga tidak kalah dengan Youtube, karena banyak banget film yang bisa didownload dari berbagai genre dan kalangan.

Walaupun film bisa diakses dimanapun, bagi sebagian orang bioskop masih menjadi tempat favorit untuk menonton. Banyak banget sekarang film-film terbaru yang nongkrong di bioskop. Sebagian besar yang memenuhi bioskop adalah para remaja. Mereka sangat antusias kalau ada film terbaru, apalagi kalau idolanya bermain difilm tersebut. Tidak hanya remaja, emak-emak yang gaul_pun juga berebut antre untuk menonton di bioskop bahkan sampe malam mereka relakan waktunya hanya untuk menonton di bioskop. Katanya sih biar kekinian kalau menonton filmnya dibioskop. Makannya tidak mengheran kalau bioskop sekarang semakin rame, apalagi bagi mereka yang hobinya menonton tentu menjadi sebuah keharusan dateng ke bioskop dan koleksi dvd atau blue ray menjadi pilihan lain ketika tidak sempat menonton di bioskop. Nah bagi sobat SPMJ yang tidak sempat menonton film di bioskop, bisa coba nih membuat home theater sendiri dirumah serasa menonton dilayar lebar.

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu disiapkan untuk membuat home theater dirumah agar lebih asik:
1.      Siapkan Ruangan
Pertama kali yang harus disiapkan sobat SPMJ adalah ruangan khusus dengan ukuran ruangan minimal 3 x 4 meter, lebih besar ruangannya akan sangat bagus karena semakin memuat banyak orang dan tidak sumpek sehingga sobat SPMJ nyaman saat menonton.
2.      Siapkan Perabotan Home Theater
Nah setelah ruangan khusus untuk home theater tersedia, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan perabotan seperti sofa atau kursi yang nyaman, meja yang ukurannya tidak terlalu kecil dan tidak terlau besar ataupun panjang. Atur sofa atau kursi sesuai keinginan, letakkan meja didepan kursi ataupun sofa. Sobat juga perlu lampu sebagai pencahayaan dengan model lampu yang bisa meredup, dengan cahaya yang tidak terlalu terang, film yang diputar akan keliatan jelas. Laptop untuk memutar film, sediakan juga film yang akan ditonton bisa berupa dvd ataupun dalam bentuk softcopy serta aplikasi pemutar film atau video.
3.      Proyektor
Ini nih yang membuat sobat SPMJ menonton dirumah serasa menonton di layar lebar atau bahasa kerennya bioskop, karena proyektor ini akan menampilkan film yang sobat SPMJ putar dari laptop pada sebuah layar atau sesuatu dengan permukaan yang datar seperti dinding. Kalau sobat SPMJ tidak mempunya layar khusus LCD bisa tuh memanfaatkan dinding atau kain putih yang bersih. Nah, kalau tidak punya proyektor bisa menyewa lho, sekarang kan banyak tempat persewaan proyektor salah satunya adalah “Sewa Proyektor Murah Jogja”. Dengan proyektor ini sobat SPMJ bisa memperbesar resolusi film sesuai ukuran layar atau sesuai keinginan sobat.
4.      Membuat peredam suara
Cara membuat peredam suara yaitu dengan memasang karpet untuk melapisi semua dinding ruangan supaya kedap suara termasuk juga lantai. Dengan begitu sobat SPMJ bisa leluasa mengeraskan volume suara sesuai keinginan supaya menonton lebih memuaskan dan tidak mengganggu yang lain. Jadi sobat SPMJ tidak perlu khawatir tetangga akan datang dan menegur sobat, karena suaranya tidak akan terdengar keras keluar ruangan.
5.      Speaker
Setelah sobat SPMJ melapisi semua dinding dengan karpet kedap suara, langkah berikutnya yaitu memasang speaker. Pasang speaker dengan menempelkan ke dinding sebelah kanan dan kiri, juga belakang tempat duduk sobat agar suara lebih menggelegar dan terdengar oleh semua orang yang menonton. Kalau menonton tapi tidak ada suaranya atau suaranya tidak terdengar kan rasanya hambar. Itulah kenapa harus ada speaker.
6.      Makanan Ringan
Kurang lengkap rasanya kalau menonton tanpa ada makanan ringan, karena menonton film membutuhkan waktu umumnya lebih dari satu jam. Saking lamanya menonton kadang perut menjadi lapar, dan membuat tidak nyaman saat menonton. Nah untuk menghindari hal tersebut, sediakan makanan ringan atau camilan sesuai dengan keinginan sobat SPMJ. Kalau sobat SPMJ menginginkan seperti dibioskop, sediakan popcorn untuk menemani sobat menonton. Siapkan juga minumannya sobat, karena tidak hanya lapar tapi juga sobat akan merasa haus apalagi kalau habis makan camilan terasa kering tenggorokan deh.
7.      Ajak Keluarga atau Teman
Home theater sudah nyaman, enak, siap buat dinikmati tapi nontonnya cuma sendirian kan kurang seru. Ajaklah keluarga atau teman untuk menonton bersama agar menonton lebih seru dan asik. Ada yang mengatakan bahagia itu ketika kumpul bareng keluarga atau teman. Bener juga sih ketika sendiri akan terasa hampa tapi ketika menonton rame-rame pasti lebih asik, seru, dan happy.

Itulah cara membuat home theater dirumah terasa lebih asik dan menyenangkan serasa menonton dibioskop. Tidak kalah seru deh dengan bioskop XXI..hehe
Sobat juga bisa menjadikan home theater ini qualitytime bareng keluarga ataupun teman. Mungkin sobat SPMJ punya ide sendiri untuk membuat home theater sendiri dirumah atau sobat akan menambah apa yang sudah dijelaskan diatas dengan ide sobat sendiri boleh banget. Buatlah senyaman dan seasik mungkin sobat agar menonton terasa menyenangkan. Sesuatu yang dibuat sesuai hati nurani dan sesuai keinginan sendiri pasti akan sangat memuaskan bukan, apalagi dengan kreatifitas dan kemampuan kita. Tebarkanlah kebahagiaan buat orang-orang disekeliling kita sobat. Selamat mencoba sobat.... :)

RENTAL LCD PROYEKTOR & TEMPAT SEWA SCREEN / LAYAR NO #1 MURAHNYA JOGJAKARTA - Penyewaan Proyektor Jogja profesional dengan Tarif Salah satu yang Termurah di Jogja, sebut saja SPMJ dan Info Menarik

Contact Us

Phone :

0813-9105-2952

Alamat :

- Jl. Tukangan No.13, Tegal Panggung, Danurejan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55212

- Tahunan UH3 RT.10 Rw.02 No.188, Tahunan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55167

- Jl. Gayam No.11, Semaki, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55165

Email :

spmj29@gmail.com