Senin, 08 Mei 2017

Beberapa Macam Perangkat Keras (Hardware) Komputer Yang Harus Kamu Ketahui !




Assalaamu’alaykum sobat SPMJ..

Pada pembahasan kali ini kami akan mengulas tentang perangkat keras (hardware) dan beberapa macam perangkat keras (hardware) komputer. Banyak orang memanfaatkan komputer untuk memudahkan pekerjaan mereka. laptop adalah pengembangan dari sebuah komputer, lebih mudah untuk dibawa kemana-mana dan tidak ribet. Namun komputer masih eksis dibeberapa perusahaan atau sekolah. Mungkin ada yang bertanya apa hardware itu???
Suatu komponen fisik yang terdiri dari komponen-komponen komputer yang membentuk sebuah sistem komputer, itulah yang dinamakan hardware (perangkat keras). Sifat antara hardware dengan software sangat berbeda yaitu bahwa hardware bisa dilihat, diraba, dan bentuknya nyata. Perangkat keras ini ada pada semua perangkat yang mensupport kinerja sebuah komputer. Jadi, perangkat keras ini tidak terbatas pada bagian yang ada di dalam komputer saja sobat.
Macam-macam perangkat keras (hardware):
1.      Motherboard
Motherboard yaitu papan utama yang terdapat didalam komputer atau laptop. Fungsi dari motherboard yaitu sebagai tempat komponen-komponen komputer seperti harddisk, RAM, processor, dan komponen-komponen lainnya. Bentuk dari motherboard ini yaitu bentuk PCB yang memiliki chip BIOS. Kabel-kabel konektor yang berfungsi menghubungkan masing-masing perangkat.
2.      Processor
Sobat, processor ini merupakan sebuah IC. Fungsi dari processor ini sebagai pengontrol semua proses sistem komputer. Processor ini biasanya disebut juga dengan CPU (Central Processing Unit) yang merupakan otak atau inti pada sebuah komputer, karena processor bekerja dengan melakukan perhitungan maupun memerintah program yang akan dijalankan oleh komputer. 
CPU (Central Processing Unit) terbagi menjadi 2 bagian, yaitu:
a.       Control Unit, yang fungsinya sebagai pengawas dan pengatur aktifitas processor.
b.      Arithmatic Logic Unit (ALU), yang fungsinya melakukan perhitungan aritmetika dan logika.
3.      Harddisk
Media penyimpanan yang terdapat di dalam kotak Central Processing Unit (CPU) disebut dengan harddisk atau harddrive. Pada bagian dalam harddisk ada suatu logam keras dengan bentuk piringan keras. Piringan keras dinamakan piringan tersebut dengan cakram keras. Seorang Insinyur Internasional Business Machines yang bernama Reynold Johnson telah menciptakan harddisk. Harddisk untuk pertama kalinya dibuat pada tahun 1956. Kala itu harddisk masih berkecepatan 1.200 rpm dengan ukuran 0,6 meter. Dahulu kapasitasnya 4,4 MB atau 4,4 juta byte dan terdiri dari atas 50 piringan. Kapasitas tersebut terbilang sangat kecil untuk ukuran dijaman sekarang ini. Harddisk berkembang dengan pesat dari ukuran 0,6 meter menjadi 0,6 centimeter. Kapasitas harddisk saat ini sudah mencapai 1 tera byte atau 1 triliyun byte. Dan dulu harddisk memiliki ukuran 4,4 mega byte dengan kecepatan 10.000 rotasi per menit. Dijaman yang serba canggih ini harddisk sudah dijadikan sebuah external drive yang dikoneksikan dengan Firewire atau USB. Jadi harddisk tidak semata hanya terdapat di CPU.



4.      CD / DVD-ROM
Perangkat keras yang digunakan untuk membaca cakram CD (Compact Disk) atau DVD (Digital Versatile Disk)adalah CD - ROM atau DVD - ROM. Pada mulanya alat ini cuma bisa membaca data saja, tetapi dengan perkembangan tekhnologi yang begitu cepat membuat CD / DVD-ROM dapat menulis atau merekam data pada cakram CD / DVD yang disebut CD writer atau DVD writer. Bentuk dari CD-ROM dengan DVD-ROM terlihat sama saja, tetapi ada perbedaan pada kemampuannya. DVD-ROM mempunyai kemampuan untuk membaca data pada cakram CD. Tetapi CD-ROM tidak mempunyai kemampuan membaca cakram yang ada pada DVD.
5.      Monitor
Monitor merupakan salah satu perangkat keras output. Fungsi dari monitor ini untuk menampilkan hasil perintah yang dilakukan user dan dari pengolahan data. Penampilan monitor jumlah berbeda-beda mulai dari 256 color. Untuk high color dengan 16 bit color, hingga true color dengan 24 bit color. Monitor pada sebuah komputer umumnya bisa mencapai frekuensi tampilan layar 60 Hz. Dan jenis yang sering dipakai adalah LCD. Sobat bisa mengatur besar kecil suatu tampilaan monitor dengan pengaturan yang ada di komputer.  




6.      Proyektor LCD

Proyektor LCD adalah sebuah perangkat keras komputer. Fungsi dari Proyektor untuk menampilkan objek berupa tulisan, gambar ataupun video. Nah objek tersebut diproyeksikan dari komputer atau laptop ke sebuah layar, misalnya layar LCD atau bidang datar. Proyektor menampilkan video atau gambar dengan cara mengirimkan cahaya lampu halide logam yang kemudian diteruskan kedalam prisma dimana sebuah cahaya akan tersebar ke tiga panel polysilikon, yaitu komponen warna merah, hijau, dan biru yang berada pada sinyal video. Proyektor LCD ini biasanya digunakan orang sebagai alat bantu ketika mengadakan rapat, seminar, presentasi maupun digunakan sebagai media pembelajaran disekolah-sekolah. Proyektor selain bisa dihubungkan ke komputer juga bisa sobat hubungkan ke VCD / DVD player, sehingga sobat bisa menggunakannya sebagai home theater. Buat sobat yang mau membuat home theater dirumah atau ada acara nonton bareng tapi tidak mempunyai proyektor, tenang sobat kini hadir “Sewa Proyektor Murah Jogja” hubungi saja kontak yang ada di web kami. OK!!!  
ANSI lumens adalah nilai pengukuran. Kekuatan sinar yang dipancarkan oleh sebuah komputer bisa diukur dengan nilai pengukuran yang telah ditetapkan. Jika semakin tinggi intensitas cahaya yang dipancarkan oleh sebuah proyektor apa yang terjadi. Yah bener sekali ANSI lumens pasti juga tinggi.



7.      Printer
Printer adalah perangkat keras yang termasuk sebagai alat output yang berfungsi untuk menampilkan hasil pengolahan data dalam bentuk hardkopi atau cetak. Hasil cetakan printer bisa berupa teks, gambar, ataupun angka. Printer yang saat ini beredar di pasaran ada tiga jenis yaitu printer dotmatrix, printer inkjet, dan printer laser.
8.      Mouse
Mouse merupakan perangkat keras komputer yang termasuk perangkat masukan (inputan). Jika sobat akan menjalaankan suatu aplikasi atau menggerakkan kursor pada komputer pastinya dengan bantuan mouse kan, nah itulah fungsi dari mouse. Perangkat keras ini dinamakan mouse karena bentuknya yang unik, kecil  menyerupai seekor tikus. Adapun jenis-jenis mouse antara lain mouse serial, mouse PS2, mouse USB, dan mouse wireles. Sekarang banyak sekali berbagai macam bentuk mouse yang beredar dipasaran. Buat sobat yang tidak mau ribet dengan kabel-kabel dan gampang dibawa kemanapun, mouse wireles lebih disaran

9.      Keyboard

Sama seperti mouse, keyboard ini juga merupakan perangkat keras yang merupakan alat input. Struktur tombol pada keyboard terdiri atas 4 bagian, yaitu:
a.       Tombol ketik (typing keys)
Tombol ketik merupakan bagian dari keyboard yang terdiri dari huruf, angka, dan tanda baca. Tipe QWERTY merupakan jenis dari tombol ketik (typing keys). Ada satu lagi jenis dari typing keys yaitu tipe DVORAK. Yang paling banyak digunakan dipasaran dan masyarakat umumnya adalah susunan tipe QWERTY. Pasti punya sobat juga tipe QWERTY kan.
b.      Numeric keypad
Numeric keypad merupakan keyboard khusus yang terdiri dari angka. Fungsi dari numeric keypad untuk memasukkan data berupa angka dan operasi perhitungan. Susunan keyboard angka ini, disusun menyerupai kalkulator dan alat hitung lainnya.
c.       Tombol fungsi (function keys)
Beberapa tombol fungsi pada keyboard standard telah ditambahkan oleh IBM. Pada tahun 1986 inilah ditambahkannya tombol fungsi. Tombol fungsi ini digunakan sebagai perintah khusus yang disertakan pada sistem operasi maupun pada sebuah aplikasi.
d.      Tombol kontrol (control keys)
Tombol kontrol atau control keys menyediakan layanan kontrol terhadap kursor dan layar. Yang termasuk kategori tombol kontrol yaitu 4 tombol bersimbol panah yang berada diantara tombol ketik dan numeric keypad, home, insert, delete, end, page up, page down, control (ctrl), alternate (alt), dan escape (esc).
10.  Scanner

Scanner merupakan perangkat keras komputer yang memiliki kemampuan hampir sama dengan mesin fotokopi. Scanner ini berfungsi untuk mentransformasikan data atau menyalin data cetakan yang dijadikan dalam bentuk softcopy seperti gambar, tulisan atau huruf. Berikut ini beberapa jenis scanner.
a.       Barcode Reader
Pasti sobat pernah melihat garis-garis panjang yang tertera di plastik suatu kemasan, nah barcode ini fungsinya untuk membaca kode-kode itu sobat. Hampir semua produk kemasan sekarang menggunakan barcode.
b.      Handprint Reader
Handprint reader mempunyai fungsi membaca data dari tulisan tangan atau sidik jari seseorang untuk diproses.
c.       Image Scanner
Image scanner bisa digunakan untuk membaca gambar / peta dari suatu kertas cetakan.


Semoga artikel ini bermanfaat dan dengan membaca artikel ini semoga menambah wawasan tentang komputer dan perangkat-perangkat yang menyertainya. :)

RENTAL LCD PROYEKTOR & TEMPAT SEWA SCREEN / LAYAR NO #1 MURAHNYA JOGJAKARTA - Penyewaan Proyektor Jogja profesional dengan Tarif Salah satu yang Termurah di Jogja, sebut saja SPMJ dan Info Menarik

Contact Us

Phone :

0813-9105-2952

Alamat :

- Jl. Tukangan No.13, Tegal Panggung, Danurejan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55212

- Tahunan UH3 RT.10 Rw.02 No.188, Tahunan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55167

- Jl. Gayam No.11, Semaki, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55165

Email :

spmj29@gmail.com