Selasa, 23 Mei 2017

Apa sih, Fungsi Proyektor? Ini Dia Fungsi, Kelebihan dan Kelemahan Proyektor!


Assalamu’alaikum, sobat SPMJ..

Bagaimana nih sobat, setelah kemarin sudah mengupas tentang terobosan proyektor masa kini, TouchJet Pond, apa sobat tertarik ingin mencoba menggunakan teknologi keren itu?

Berbicara tentang proyektor, tentu belum ada habisnya nih sobat. Karena, proyektor sendiri merupakan sebuah teknologi. Dimana, teknologi-teknologi masa kini akan semakin cepat perkembangannya. Teknologi yang awal keberadaan dan fungsinya biasa, menjadi luar biasa dan kini sangat luar biasa. 

Nah, setelah banyak pembahasan tentang proyektor, sudahkah sobat tau apa saja fungsi dan kelebihan serta kelemahan proyektor? Yuk, simak ulasannya.

Proyektor, biasanya digunakan sebagai alat bantu untuk kegiatan pembelajaran di kelas, instansi/perkantoran, maupun sebagai sarana entertaintment. Dalam kegiatan pembelajaran dan perkantoran, proyektor sering digunakan sebagai sarana presentasi (untuk memproyeksikan atau pun memperbesar bahan presentasi dari laptop atau PC ke layar/screen). Untuk media hiburan, proyektor biasanya digunakan sebagai alat untuk nonton film, atau yang paling hangat dalam ingatan ialah menayangkan pernikahan pasangan di suatu tempat, baik lapangan, gedung atau yang lainnya supaya bisa disaksikan oleh banyak orang. 

Mengapa harus proyektor? Dibandingkan dengan media atau alat yang lainnya, seperti Plasma / LCD Display, proyektor memiliki beberapa kelebihan, diantaranya dapat membuat tampilan yang sangat besar, dapat di bawa dengan mudah dan fleksibel. 

Berikut ini ada beberapa fungsi dari proyektor. 

1. Sebagai Alat untuk Presentasi

Proyektor dapat menampilkan suatu presentasi, baik di sebuah instansi, acara seminar ataupun yang lainnya. Proyektor mampu membuat sebuah presentasi menjadi lebih hidup, karena tampilan dari gambar atau tulisan tersebut dapat memberikan presentasi yang lebih dinamis dan atraktif.

2. Sebagai Pemutar Video (Home Theater)

Dengan proyektor tentunya sobat dapat menikmati bioskop di dalam rumah. Ya, ini dikarenakan proses tampilan yang terjadi di bioskop bisa ditampilkan di rumah. Tanpa harus ke bioskop pun, sobat bisa dengan mudah menonton film kesukaan di rumah. 

3. Sebagai Media Informasi

Karena proyektor dapat menampilkan tampilan dengan layar besar, maka proyektor sangat efektif untuk dijadikan sebagai media informasi.
Selain mengetahui apa saja fungsi dari proyektor, tentunya sobat juga ingin tau apa saja sih kelebihan dan kelemahan menggunakan proyektor itu. Berikut ini beberapa kelebihan dan kelemahan menggunakan proyektor.

Kelebihan dan Kelemahan Menggunakan Proyektor Interaktif

Proyektor interaktif ialah salah satu proyektor canggih dengan teknologi yang tidak dimiliki jenis proyektor lain. Sehingga, dalam penggunaannya proyektor ini memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan proyektor lainnya. Akan tetapi, proyektor ini juga memiliki beberapa kelemahan.

Kebutuhan proyektor yang terus meningkat, membuat fitur dan teknologi yang dibenamkannya pun terus diperbaharui menjadi lebih baik lagi. Teknologi interaktif ini merupakan salah satu yang terbaik.
Berikut ini ulasan singkat dari kelebihan dan kelemahan menggunakan proyektor interaktif.

KELEBIHAN PROYEKTOR INTERAKTIF

1.  Presentasi menjadi Lebih Hidup

Proyektor interaktif ini memberikan perpaduan kombinasi yang berbeda antara presenter dengan audience dalam mentransformasikan seluruh konsep pada saat presentasi. Suasana presentasi akan menjadi lebih hidup, yang dimana setiap audience bisa ikut dengan secara langsung memberikan komentar pada layar proyeksi. Sehingga dapat memberikan nilai dari presentasi tersebut.

2.       Bisa Menyimpan Catatan
Tidk hanya dapat menambahkan catatan pada layar proyeksi, akan tetapi hal yang lebih menarik lagi ialah proyektor interaktif ini juga dapat dikirim langsung melalui email, serta memungkinkan untuk  dapat dicetak secara langsung via printer maupun disimpan ke dalam drive sobat.

3.       Tidak Memerlukan Banyak Tempat
Proyektor interaktif dapat memproyeksikan gambar dengan jarak yang sangat dekat. Dengan begitu, proyektor ini dapat dipasang di dinding maupun diletakan dipermukaan, baik itu di dinding datar, papan tulis ataupun dilantai. Hal ini berarti, sobat dapat memaksimalkan penggunaan ruang yang terbatas, ataupun ruang kantor dengan memutar setiap papan yang ada ke permukaan proyeksi.

4.       Menulis Pada Layar Sentuh
Dengan adanya teknologi interaktif ini, dalam penggunaannya dapat dilakukan dengan sangat mudah, karena proyektor ini dapat menjadikannya layar sentuh. Cukup menggunakan pena interaktif, semua perintah bisa dilakukan dengan cepat dan praktis, seperti melihat halaman per halaman , membuka dan menutup dokumen, menggerakan dan memperluas objek. Bahkan dengan pena tersebut sobat dapat menambahkan catatan langsung pada layar proyeksi.

5.       Kualitas Gambar yang Baik
Untuk mengoptimalkan hasil proyeksi, proyektor interaktif dibekali dengan brightness yang cukup besar yakni diatas 2700 lumens. Serta didukung dengan kontras rasio hingga 10.000:1. Dengan begitu hasil gambar yang diproyeksikan lebih baik.

Ulasan diatas merupakan kelebihan dari proyektor interaktif. Namun, selain ada beberapa hal kelebihan proyektor interaktif ini, ada juga kelemahannya. Berikut ulasan mengenai kelemahan dari penggunaan proyektor interaktif.

KELEMAHAN PROYEKTOR INTERAKTIF

1.       Harga yang Tinggi
Dengan adanya teknologi interaktif yang bisa memberikan kemudahan dalam penggunaan, proyektor interaktif ini menawarkan harga yang cukup tinggi, yaitu diatas 20 jutaan. Harga ini pun terbilang tinggi karena memang diperuntukkan untuk kelas-kelas profesional.

2.       Perawatan yang Mahal
Perawatan pada proyektor biasanya terdapat pada lampu proyektornya. Dengan adanya teknologi interaktif ini tentunya jika akan mengganti lampunya, memerlukan biaya yang tidak biasa. Biasanya harga lampu ini seper-empat bahkan setengah dari harga proyektor itu sendiri.

RENTAL LCD PROYEKTOR & TEMPAT SEWA SCREEN / LAYAR NO #1 MURAHNYA JOGJAKARTA - Penyewaan Proyektor Jogja profesional dengan Tarif Salah satu yang Termurah di Jogja, sebut saja SPMJ dan Info Menarik

Contact Us

Phone :

0813-9105-2952

Alamat :

- Jl. Tukangan No.13, Tegal Panggung, Danurejan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55212

- Tahunan UH3 RT.10 Rw.02 No.188, Tahunan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55167

- Jl. Gayam No.11, Semaki, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55165

Email :

spmj29@gmail.com