Rabu, 26 April 2017

Beberapa Tips dan Cara Merawat Proyektor dan LCD-nya


Salam, sobat SPMJ..

Setelah sebelumnya kami pernah membahas tentang apa itu LCD dan LDP Proyektor, macam-macam Proyektor Mini yang terbaik, kini mari bahas tips dan cara untuk merawat Proyektor dan LCD Proyektor. Bukan tanpa sebab, sobat merawat proyektor. Karena, benda teknologi tergolong rentan rusak jika sobat tidak merawatnya dengan benar dan baik.

Proyektor ialah sebuah perangkat elektronik (teknologi)yang membutuhkan perhatian khusus, dimulai dari cara menggunakannya, menyimpan dan merawatnya. Apabila kita mempunyai sebuah proyektor dengan harga yang sangat mahal, tetapi jika kita memperlakukannya dengan tidak baik, sembarangan, maka kualitasnya akan turun dan cepat rusak. 

Nah, berikut ini akan dijabarkan tips dan cara merawat proyektor dan LCD proyektor. Bagi para pengguna proyektor, baik dari kalangan pebisnis, pendidikan, maupun perorangan, harus memperhatikan penggunaan dan perawatan proyektor serta lcd proyektor yang dimiliki, supaya bisa bertahan lebih lama (awet). 

Untuk perawatan lcd proyektor sendiri, bisa dikatakan sedikit susah bila sobat tidak mengetahui ilmunya. Kami akan membagi tips dan untuk merawat proyektor dan lcd proyektor yang benar. Berikut ini tips merawat lcd proyektor, yuk simak..

1. Menghidupkan LCD proyektor
Langkah aman untuk menghidupkan LCD proyektor ialah sebelum kabel power LCD disambungkan pada arus listrik, maka harus diperhatikan lebih dahulu, apakah kabel power dan kabel VGA/RGBnya sudah tersambung atau belum.  Apabila kabel belum tersambung, maka sambungkan terlebih dahulu kabel power dan VGA/RGB nya, kemudian barulah kabel power LCD. 

2. Waktu Penggunaan LCD proyektor
Waktu untuk menggunakan LCD proyektor haruslah memperhatikan dan mencegah hal-hal yang membuat proyektor itu berkurang. Ketika akan meletakkan LCD proyektor, sebaiknya hindari dan jangan didekatkan dengan sumber panas. Misalnya terkena sinar matahari langsung. Karena, panas sinar matahari akan menambahkan suhu panas pada proyektor semakin bertambah dan juga bisa merusak komponen LCD proyektor. Untuk menghindari hal ini, letakkanlah proyektor ditempat yang tidak terkena sumber panas. Hindari juga untuk mengangkat atau memindahkan LCD proyektor saat sedang beroperasi, karena bola lampu pada proyektor sangat sensitif dengan getaran. 

3. Mematikan LCD proyektor
Untuk mematikan LCD proyektor, lebih baik menggunakan remote control dan jangan secara langsung mencabut kabel power, karena hal itu akan merusak LCD proyektor. Apabila  sudah menekan tombol power, maka tunggu sampai kipas pendingan mati, dan kabel power dapat  langsung dicabut.

4. Penyimpanan LCD proyektor
Ini tips yang terakhir dalam merawat LCD proyektor. Simpanlan LCD proyektor pada tempat yang aman, tidak di tempat yang terkena panas maupun basah. Nah, untuk penyimpanan LCD proyektor pada saat dibawa kemana-mana, lebih baik menggunakan tas yang sudah dilengkapi dengan peredam goncangan atau getaran.

Keempat tips tadi adalah cara untuk merawat LCD Proyektor. Kemudian untuk tips berikutnya yaitu akan di bagikan tips dan cara merawat Proyektornya sendiri. Apakah perlu, merawat sebuah proyektor? Bukankah teknologi masa kini sudah canggih, sehingga tidak diperlukan lagi perawatan terhadap teknologi? 

Meskipun demikian, teknologi hanyalah buatan manusia yang memiliki batas kemampuan. Tentunya, jika kita menggunakan teknologi dengan cara yang semena-mena dan tidak di jaga, maka kualitas teknologi tersebut akan semakin menurun, hingga dapat dipastikan cepat rusak.

Proyektor, teknologi masa kini yag sering digunakan di kalangan pendidikan, pebisnis maupun perorangan. Seperti halnya teknologi (alat elektronik) lainnya, yang memerlukan perhatian dan perawatan, proyektor pun demikian adanya. Salah satu bagian paling penting dan sensitif ialah ada pada lampunya. Dengan umurnya yang terbatas, yaitu 2000-4000 jam, lampu proyektor perlu dijaga dari hal-hal yang dapat menurunkan kualitasnya. Agar proyektor awet dan dapat digunakan terus menerus untuk keperluan presentasi terbaik Sobat, maka berikut ini ada beberapa 12 tips dan cara merawat proyektor.

1. Mengganti atau Membersihkan Filter Proyektor secara Berkala
Filter akan mencegah debu masuk ke daerah sensitive pada proyektor Sobat. Apabila Filter tersumbat dengan debu, maka akan membuat temperature proyektor menjadi cepat panas dan dapat menyebabkan lampu proyektor terbakar. Maka dari itu, sangat penting untuk membersihkan filter proyektor dari debu atau menggantinya secara berkala.

2. Lakukan Jeda saat Menyalakan atau Mematikan Proyektor
Proyektor memerlukan waktu beberapa menit untuk beroperasi dengan stabil. Apabila  proyektor dinyalakan dan dimatikan secara cepat, maka akan membuat proyektor menjadi tidak stabil dan menyebabkan lampu proyektor menjadi terbakar.

3. Diamkan Proyektor Beberapa Menit, Sebelum Dicabut atau Dipindahkan
Ketika proyektor dimatikan, kipas proyektor masih proses dan berputar, sebelum berhenti untuk mendinginkan lampu. Maka hindari mencabut atau memindahkan proyektor ketika lampu masih panas, karena akan menyebabkan lampu proyektor menjadi rusak.

4. Jalankan Proyektor dalam Economy Mode

Kebanyakan proyektor saat ini telah menyediakan pilihan economy mode untuk menghemat umur lampu proyektor. Gunakan pilihan ini untuk memperpanjang umur lampu proyektor Sobat.
5. Hindari Menggerak-gerakan Lampu Proyektor Saat Masih Panas
Lampu proyektor yang masih panas sangat rapuh. Guncangan dan gerakan dapat menyebabkan kawat lampu proyektor menjadi putus. Tunggu sampai lampu benar-benar dingin sebelum memindahkannya.

6. Hindari Menaruh Barang Apapun Diatas Ventilasi
Kertas atau barang apapun tidak boleh ditaruh diatas proyektor atau ventilasi karena dapat menghalangi udara yang masuk dan membuat temperature proyektor menjadi semakin panas.

7. Tangani Lampu Proyektor dengan Hati-hati
Ketika mengganti lampu atau membersihkan lampu proyektor, gunakan sarung tangan karena minyak dan endapan pada tangan dan jari dapat menyebabkan panas yang dapat membuat lampu menjadi rusak.

8. Taruh Tempat Lampu Proyektor dengan Benar
Ketika instalasi, pastikan tempat lampu proyektor berada di tempat yang benar. Tekan dengan hati-hati dasar tempat lampu proyektor untuk mengamankan penempatan lampu proyektor.

9. Gunakan Lampu Lama Proyektor sebagai Cadangan
Sebaiknya jangan membuang lampu proyektor lama Sobat. Lampu yang lama dapat sobat gunakan sewaktu-waktu jika membutuhkannya. 

10. Letakkan Ventilasi Udara Proyektor dengan Benar
Pastikan ventilasi udara pada proyektor berjarak 2 kaki dari tembok ataupun dari objek lain. Untuk proyektor yang dipasang di langit-langit, Sobat hanya perlu memastikan proyektor tidak dipasang terlalu dekat, sehingga terdapat ruang untuk aliran udara.

Dengan menerapkan beberapa tips dan cara untuk merawat LCD dan Proyektor diatas, ada kemungkinan besar proyektor Sobat akan berumur lebih panjang dan dapat digunakan secara maksimal dalam jangka waktu yang lama. 

Semoga artikel yang kami sampaikan bisa bermanfaat bagi Sobat.

Kami dari sewaproyektorjogjmurah.com menerima jasa untuk penyewaan proyektor area Yogyakarta. Jaringan kami yang di berbagai sudut Kota Yogyakarta, tersebar dari Sleman sampai Bantul, serta Wonosari, Gunung kidul dan Wates, Kulon progo.



Melayani penyewaan dengan ramah dan senang hati..



Silakan hubungi kontak kami yang tersedia di website. :)



Sukses selalu sobat. Terimakasih atas kepercayaannya.

RENTAL LCD PROYEKTOR & TEMPAT SEWA SCREEN / LAYAR NO #1 MURAHNYA JOGJAKARTA - Penyewaan Proyektor Jogja profesional dengan Tarif Salah satu yang Termurah di Jogja, sebut saja SPMJ dan Info Menarik

Contact Us

Phone :

0813-9105-2952

Alamat :

- Jl. Tukangan No.13, Tegal Panggung, Danurejan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55212

- Tahunan UH3 RT.10 Rw.02 No.188, Tahunan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55167

- Jl. Gayam No.11, Semaki, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55165

Email :

spmj29@gmail.com