Jumat, 31 Maret 2017

Pentingnya Mengetahui Fitur-fitur dalam Proyektor

PENTINGNYA MENGETAHUI FITUR-FITUR DALAM PROYEKTOR

ulasan fitur dalam lcd proyektor
projector feature


Proyektor merupakan alat elektronik yang berfungsi untuk memproyeksikan gambar ke layar proyektor. Hasil dari proyeksi yang dapat ditangkap oleh mata berupa tulisan, gambar dan video. Proyektor membantu pekerjaan manusia diberbagai bidang kehidupan. Misalnya : pendidikan, bisnis, hiburan berupa home teater, acara-acara tertentu. Banyaknya kegunaan proyektor menjadikan alat elektronik satu ini, menjadi pilihan utama disetiap acara.
Semakin cerah cahaya yang dikeluarkan proyektor maka gambar akan semakin jelas, tetapi kecerahan warna yang berlebihan akan menyebabkan lampu berumur pendek. umur lampu atau lamplife merupakan penentu menyala atau tidaknya proyektor. Jadi Sobat harus bijak dalam mengunakan lamplife.
Lalu bagaimana cara agar Sobat dapat menghemat lamplife tapi tetap mendapatkan hasil proyeksi yang baik? Sebelum Sobat mengunakan proyektor, ada baiknya Sobat mengenal fitur yang terdapat pada proyektor sehingga dapat mengoptimalkan fitur proyektor dan menghemat lamp life. Fitur yang perlu Sobat ketahui antara lain:
  1. Brightness

Brightness merupakan tingkat kecerahaan yang terdapat pada proyektor dan ditulis dengan satuan lumens. Semakin besar lumens, maka akan menghasilkan gambar yang baik. Tetapi Sobat tetap harus memperhatikan pengunaan lumens karena akan mempengaruhi lamplife. Lamp life adalah usia lampu proyektor selama bekerja. Umur lamplife yang muda menjadi dambaan setiap pemilik proyektor.
Salah satu cara untuk menghemat lamplife adalah pengunaan brightness secara bijak. Sobat dapat mensetting penggunaan proyektor dengan lingkungan tempat memasang proyektor. carilah tempat yang memiliki cahaya yang cukup sehingga membantu proyektor selama digunakan.
  1. Resolusi

Resolusi merupakan bagian terbesar dalam pixel yang terdapat pada tampilan layar. apa itu pixel? pixel adalah bagian terkecil dari gambar yang diproyeksikan. Resolusi memiliki fungsi memperjelas gambar. Semakin besar ukuran resolusi pada proyektor akan menghasilkan gambar yang berkualitas dengan garis-garis yang sangat halus. Tipe-tipe resolusi antara lain: SVGA (Super Video Graphic Array), XGA (eXtended Graphics Array), WXGA (Wide eXtended Graphics Array), HD Ready (High Definition ready), WUXGA (Wide  Ultra eXtended Graphics Array), Full HD ( Full high Definition ), SXGA+ (super XGA).
  1. Contrast

Contrast ratio merupakan besarnya perbedaan warna yang dihasilkan oleh proyektor. sehingga antara waran object dengan latar memiliki perbedaan yang nyata. Contrast ratio membedakan antara warna yang terang dengan putih, warna yang gelap dengan hitam. Semakin tinggi contrast ratio maka akan menghasilkan warna yang semakin jelas.
  1. Input/output

Input Output yang berada pada proyektor berfungsi untuk menghubungkan proyektor dengan perangkat diluar proyektor. Perangkat luar tersebut biasanya digunakan untuk mendukung bahkan melengkapi kinerja proyektor. contoh input output proyektor antaralain Composite, S-Video, VGA.
Setelah mengetahui beberapa fitur yang terdapat pada proyektor. kita dapat mengambil kesimpulan tentang pentingnya mengetahui fitur yang terdapat pada proyektor. antara lain:

  • Mendapatkan gambar berkualitas


Setelah Sobat mengetahui tentang fitur yang terdapat pada proyektor, Sobat dapat mempraktekannya sehingga mendapatkan gambar yang berkualitas. Misalnya: ketika gambar yang diproyeksikan proyektor warnanya kurang mencolok, Sobat dapat mengunakan fitur contras ratio yang menjadikan warna gambar terlihat berbeda.

  • Menghemat lamplife


Dengan mengetahui fitur proyektor, Sobat dapat mengoperasikannya secara bijak sehingga membantu menghemat lamplife. Misalnya apabila gambar kurang terang. Sobat dapat mengunakan fitur brightness secukupnya kemudian dibantu dengan setting penempatan proyektor sehingga mendapatkan tambahan cahaya dari lingkungan.

  • Memaksimalkan fitur 


Dengan mengetahui fitur proyektor, Sobat dapat mengunakannya secara optimal. Sehingga fitur tersebut tidak hanya menjadi pelengkap diproyektor tetapi digunakan saat Sobat melakukan aktifitas mengunakan proyektor.
Demikian Sobat, beberapa hal tentang pentingnya mengetahui fitur yang terdapat pada proyektor. dengan mengetahui pentingnya fitur tersebut, Sobat dapat lebih memaksimalkan pengunaan fitur proyektor dan mendapatkan gambar yang berkualitas. Selamat beraktifitas Sobat.

RENTAL LCD PROYEKTOR & TEMPAT SEWA SCREEN / LAYAR NO #1 MURAHNYA JOGJAKARTA - Penyewaan Proyektor Jogja profesional dengan Tarif Salah satu yang Termurah di Jogja, sebut saja SPMJ dan Info Menarik

Contact Us

Phone :

0813-9105-2952

Alamat :

- Jl. Tukangan No.13, Tegal Panggung, Danurejan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55212

- Tahunan UH3 RT.10 Rw.02 No.188, Tahunan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55167

- Jl. Gayam No.11, Semaki, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55165

Email :

spmj29@gmail.com