Mengenal Resolusi pada Proyektor

MENGENAL JENIS-JENIS RESOLUSI

Sobat  SPMJ, proyektor dengan resolusi tinggi menjadi salah satu perhatian mereka yang ingin membeli ataupun menyewa proyektor.  Karena dengan resolusi yang tinggi Sobat dapat mengunakan untuk berbagai jenis kegiatan baik indoor maupun outdoor. Proyektor yang memiliki resolusi kecil biasanya digunakan untuk presentasi perkuliahaan maupun perkantoran. Tetapi, untuk proyektor yang memiliki resolusi besar dapat menampilkan gambar dengan garis-garis yang sangat halus bahkan dapat dijadikan sebagai home teater.


  1. JENIS RESOLUSI

    Jenis resolusi yang dimiliki proyektor-pun bermacam-macam mulai dari SVGA, XGA, WXGA, HDReady, WUXGA, FullHD dan SXGA+ . Resolusi yang berbeda menunjukan ukuran rasio yang berbeda juga. Misalnya : Resolusi proyektor yang menunjukan rasio 4:3 biasanya digunakan untuk presentasi-presentasi di perkuliahan, perkantoran maupun acara-acara yang tidak resmi. Sedangkan ukuran 16:9 dapat memproyeksikan gambar dengan hasil yang jelas seperti home teater..
    grafis perbandingan resolusi
    source : wikipedia.org

    Sobat SPMJ, jenis-jenis resolusi apa saja yang biasanya terdapat pada proyektor? Berikut tabel penjelasannya:
    No
    Tipe Resolusi
    Ukuran
    1
    SVGA (Super Video Graphic Array)
    Resolusi 800 x 600 Pixel, Aspect Ratio 4:3
    2
    XGA (eXtended Graphics Array)
    Resolusi 1024 x 768 pixel, Aspect Ratio 4:3
    3
    WXGA (Wide eXtended Graphics Array)
    Resolusi 1280 x 800 pixel, Aspect Ratio 16:10
    4
    HD Ready (High Definition ready)
    Resolusi 1280 x 720 pixel, Aspect Ratio 16:9
    5
    WUXGA (Wide  Ultra eXtended Graphics Array)
    Resolusi 1920 x 1200 pixel, Aspect Ratio 16:10
    6
    Full HD ( Full high Definition )
    Resolusi 1920 x 1080 pixel, Aspect Ratio 16:9
    7
     SXGA+ (super XGA)
    Resolusi 1400 x 1050 pixel, Aspect Ratio 4:3

        Sobat SPMJ, dari penjelasan tabel diatas dapat diketahui jenis dan ukuran resolusi pada proyektor. Untuk Sobat yang ingin membeli atau menyewa proyektor dapat mengacu pada tabel di atas, ambillah proyektor dengan resolusi yang sesuai dengan kebutuhan Sobat . Apabila Sobat belum yakin, bisa menanyakan kepada pemilik toko yang penjual proyektor tentang jenis resolusi yang Sobat butuhkan. Apakah untuk presentasi biasa atau yang bisa menghasilkan gambar-gambar bergerak/video.
    Sobat SPMJ, setelah kita membahas tentang jenis dan ukuran resolusi. Mungkin masih ada diantara Sobat yang kebingungan tentang pengertian dan fungsi dari resolusi itu sendiri. Resolusi yang dimaksud disini adalah bagian terbesar dalam pixel yang terdapat pada tampilan layar. Sedangkan untuk pengertian pixel adalah bagian terkecil dari gambar yang diproyektsikan. Jadi prinsipnya semakin besar ukuran resolusi pada proyektor akan menghasilkan gambar yang berkualitas dengan garis-garis yang sangat halus. Itu sebabnya Sobat yang ingin menikmati film di rumah harus menggunakan proyektor dengan resolusi yang tinggi.
  2. FUNGSI RESOLUSI

    Fungsi dari resolusi adalah memperjelas gambar. Garis-garis yang di proyeksikan dari proyektor ke layar menjadi tipis sehingga gambar menjadi jelas. Ukuran resolusi akan terasa saat Sobat menyaksikan gambar bergerak, disinilah Sobat membutuhkan proyektordengan ukuran resolusi yang besar.
        Mengenal resolusi menjadi penting untuk Sobat yang biasa beraktifitas menggunakan proyektor, baik untuk pekerjaan maupun hiburan. Sobat dapat mengerti resolusi yang seharusnya digunakan untuk aktifitas Sobat. Demikian Sobat, beberapa hal yang perlu Sobat ketahui tentang resolusi. Semoga bermanfaat dan selamat beraktifitas ya Sobat SPMJ.

Mengenal resolusi menjadi penting untuk Sobat yang biasa beraktifitas menggunakan proyektor, baik untuk pekerjaan maupun hiburan. Sobat dapat mengerti resolusi yang seharusnya digunakan untuk aktifitas Sobat. Demikian Sobat, beberapa hal yang perlu Sobat ketahui tentang resolusi. Semoga bermanfaat dan selamat beraktifitas ya Sobat SPMJ.