Proyektor Digital Light Processing (DLP)



Proyektor merupakan alat optic yang biasanya digunakan untuk presentasi hingga menonton film. Kemampuan proyektor menghasilkan gambar yang besar dan suara yang jelas menjadikan alat optic ini laris digunakan dari waktu kewaktu, dan untuk memenuhi kebutuhan pasar. Proyektor memiliki perkembangan teknologi dari waktu kewaktu seperti proyektor OHP, proyektor Cathode Ray Tube (CRT), Liquid Crystal Display (LCD), Digital Light Processing (DLP), Liquid Crystal on Silicon (LCoS). Setiap proyektor memiliki kekurangan serta kelebihan serta cara kerja yang berbeda-beda. Sahabat, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang teknologi proyektor DLP.

Pengertian DLP
DLP atau Digital Light Processing merupakan salah satu tipe proyektor yang menggunakan teknologi berbasis pada Digital Micromirror Device (DMD). Apa itu DMD? DMD merupakan teknologi yang mengunakan jutaan cermin super kecil, satu kaca mewakili satu cermin yang digunakan untuk memproyeksikan gambar. Pada proyektor DLP mengunakan single DMD chip sehingga menghasilkan contras yang lebih baik serta ringan. DMD chip merupakan chip processor yang digunakan untuk mengolah warna dan gambar dari input.
Jumlah cermin yang terdapat pada proyektor DLP sebanding dengan resolusi yaitu 800×600, 1024×768, dan 1280×720 matrix. Sahabat dapat membayangkan banyaknya jumlah cermin yang terdapat pada proyektor, hal inilah yang menyebabkan proyektor DLP memiliki gambar dengan kualitas warna terbaik. Kelebihan lain yang dimiliki proyektor DLP adalah bentuknya yang ringan sehingga mudah dibawa kemana-mana. Sahabat yang memiliki mobilitas tinggi dapat menjadikan proyektor DLP sebagai referensi.
Memiliki proyektor yang baik tentu menjadi dambaan setiap manusia, untuk itu ada baiknya sebelum membeli mengenali terlebih dahulu tipe proyektor yang cocok untuk kebutuhan. Dengan memiliki proyektor yang sesuai dengan kebutuhan, sahabat akan mendapatkan hasil proyeksi yang berkualitas serta fitur yang mendukung aktifitas. Demikian sahabat, sedikit informasi mengenai proyektor DLP dari team sewaproyektormurahjogja.com