Sound Sistem dan Operator

Sound Sistem dan Operator

 

Jika kita membahas mengenai alat atau mesin multimedia yang biasa digunakan dan dibutuhkan dalam segala aktivitas manusia, alat sound system  dapat menjadi kebutuhan acara yang salah satu yang utama dalam pelengkap multimedia diantara lainnya. Dimana juga telah banyak digunakan beberapa alat multimedia modern yang dapat menghasilkan bunyi atau suara seperti yang kita bahas kali ini yaitu tentang sound system.
Sebelum kita membahas tentang sound system lebih dalam dan detail lagi, akan lebih baik jika membahas dan memahami beberapa konsep sederhana mengenai apa yang dihasilkan dari alat sound system ini yaitu bunyi atau suara. Bunyi atau suara merupakan hasil dari adanya suatu benda yang bergetar atau bergerak, maksudnya jika kita mendengar suara atau bunyi itu ada sesautu benda yang bergetar .

Elemen Sound Sistem

Tetapi benda yang bergerak maupun bergetar tidak cukup hanya satu benda yang bergetar atau bergerak saja, tetapi juga perlu adanya benda lain yang dapat saling bersentuhan atau benda lain yang dapat menimbulkan efek getaran untuk menghasilkan apa yang dinamakan suara atau bunyi.  Dan  kita juga perlu mengetahui bahwa bunyi memiliki tiga elemen dasar yang membuat suara dapat kita dengar akibat dari bergetarnya benda satu dengan yang lain.
Jika tiga elemen yang meliputi sumber getar, medium dari sumber getar, dan penerimanya yaitu telinga tidak ada, tidak dapat dikatakan sebuah bunyi atau suara. Dan salah satu media atau alat yang dapat menghasilkan atau output suara atau bunyi yaitu yang disebut dengan sound system. Dimana alat atau media ini diciptakan dan dirancang  untuk menghasilkan suara agar dapat didengar dalam jangkauan yang luas. Biasanya sound system digunakan dan dipakai pada acara ataupun perhelatan berskala besar seperti konser musik, event akbar, pernikahan, seminar, dll.
Tata suara dan bunyi yang ada pada alat atau media sound system memerankan hal yang sangat penting dalam kesuksesan dan terselenggaranya pada sebuah acara dengan adanya sumber suara yang dapat terdengar secara luas dan berskala besar. Karena dalam perangkat sound system  terdiri dari beberapa perangkat dengan sistem pengolah bunyi yang sudah di packing menjadi sebuah perangkat compact yang disebut speaker sistem atau yang biasa disebut dengan speaker praktis. 

Compact speaker system

Compact speaker system ini biasanya sudah meliputi beberapa sistem canggih lainnya seperti microphone, cassette deck player, amplifier, dan tentunya speaker yang telah menjadi salah satu unit perangkat. Perangkat ini juga ada yang berupa speaker portable, DVD player pada car sound system. Perangkat in mudah baik dalam membawa maupun mengoperasikannya, yang dimana kita sebagai pengguna hanya menghidupkan dan memutar volume suara, mengatur bunyi bass dan juga treble sesuai keinginan dan kebutuhan kita.
Jadi, orang – orang pasti dapat mengoperasikannya dengan perangkat speaker portable sederhana yang dapat dioperasikan oleh orang yang tidak memerlukan keahlian khusus. Dalam mengoperasikan perangkat ini terutama untuk kegiatan live music atau konser maka diperlukan orang yang ahli dalam menggunakan maupun terbiasa mengoperasikan perangkat multimedia ini. Keahlian atau skill yang mereka punya berdasarkan pengalaman dan pengetahuan dasar dari sound sistem itu sendiri. Untuk orang biasa atau ahli dalam menggunakan dan mengoperasikan perangkat multimedia satu ini disebut dengan operator sound system atau teknisi yang berbeda dengan sound engineering seperti kebanyakan orang salah dalam menganggapnya.