5 Alasan, Mengapa Kantor Anda Memerlukan Perangkat Proyektor


Seperti halnya jenis ruang meeting dan teknologi kolaborasi lainnya, proyektor kian berkembang dan terus mengalami peningkatan. Hal ini tidak dapat jauh dari proyektor dan presentasi slide. Saat ini, proyektor menawarkan gambar dengan kualitas HD, konektivitas nirkabel, kemampuan interaktif dan dapat memberikan gambar yang jelas meski di dalam ruangan bercahaya.

Beberapa proyektor terbaru di pasaran bahkan dapat membagi layar menjadi kuadran dan menampilkan beberapa gambar sekaligus. Hal ini merupakan bukti bahwa teknologi khususnya media proyektor terus mengalami perkembangan. Mobilitas adalah bagian dari sifat yang harus dimiliki oleh teknologi.

Penggunaan proyektor sangat erat hubungannya dengan kegiatan perkantoran seperti meeting kantor atau presentasi. Meeting ini dilakukan baik secara internal maupun eksternal sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Lantas, bagaimana peranan proyektor pada kegiatan bisnis ini ?

Panduan teknologi untuk ruang pelatihan dan presentasi anda

Dengan banyaknya kesempatan yang dapat digunakan oleh anggaran teknologi bisnis anda, sangat penting untuk mengetahui dan memahami apa yang dapat dilakukan oleh proyektor saat ini dan kapan harus menggunakannya.

Hal ini memunculkan pertanyaan selanjutnya, kapan sebaiknya anda mempertimbangkan penggunaan proyektor ini?

Komponen paling penting dan paling dasar dari sebuah teknologi proyektor adalah sebuah lensa. Kemajuan teknologi membuat lensa pada proyektor bekerja bukan hanya pada ruangan besar dan gambar yang besar pula. Teknologi telah merubahnya dengan adanya proyektor Short Throw yang mampu memproyeksikan gambar dalam ruang yang sangat kecil dan dari jarak yang sangat pendek.


Bahkan, dewasa ini banyak proyektor yang didesain untuk terhubung secara nirkabel dengan mobilitas yang lebih mudah. Dengan kemampuan canggih ini, proyektor menjadi investasi teknologi bisnis yang semakin kritis. Lantas, apa manfaat pemanfaatan penggunaan proyektor pada kegiatan bisnis anda?
  • Untuk keperluan meeting luar ruangan (outdoor)

Penggunaan proyektor mini dan nirkabel merupakan pilihan yang paling tepat untuk perjalanan bisnis anda. Jika anda sering melakukan perjalanan dan meeting di luar kantor, proyektor ini sangat membantu anda disegala situasi kapanpun dan dimanapun, tak terbatas. Dengan berat yang ringan, daya yang hemat, serta fitur yang mendukung, membuat proyektor nirkabel sangat diperlukan untuk perjalanan bisnis luar ruangan ini. Saat ini, pertemuan bisnis tidak terbatas pada ruang, anda dapat melakukannya dimanapun bahkan tanpa sebuah ruangan sekalipun. Oleh karena itu, anda membutuhkan media yang sempurna untuk membantu anda dalam melakukan tugas anda sebaik-baiknya.
  • Untuk mengurangi penggunaan kertas

Membeli sebuah proyektor untuk ruang konferensi anda, memang memerlukan biaya yang cukup besar di muka, namun dapat menjadi investasi terbaik dalam jangka waktu yang panjang. Saat ini, banyak proyektor yang didesain dengan kemampuan Short Throw interaktif dengan menyertakan perangkat lunak anotasi yang memungkinkan anda menggunakan pena stylus atau jari anda untuk menulis atau menggambar konten ke layar proyeksi anda. Anda juga dapat menyimpan gambar ke komputer anda dan berbagi sesuai dengan kebutuhan, sehingga menghilangkan kebutuhan untuk mencetak salinan kertas dari slide deck atau bahan presentasi anda.
  • Untuk hasil gambar terbaik

Kolaborasi yang sukses tergantung pada tampilan besar. Karena orang tidak dapat berkolaborasi pada apa yang tidak dapat mereka lihat. Dalam banyak kasus penggunaan, kelompok orang berkapasitas sedang hingga besar harus dapat melihat dan membaca materi yang sama. Oleh karena itu, peningkatan gambar melalui sebuah proyektor adalah solusi yang sangat baik. Penggunaan ini sangat penting khususnya pada pelatihan-pelatihan atau pendidikan yang mana membutuhkan materi atau bahan yang harus diketahui oleh peserta. Penggunaan proyektor akan membantu seluruh peserta memahami apa yang diajarkan dan membantu presenter dalam menyampaikan materinya secara efektif dan efisien.
  • Untuk menambah dan menghasilkan estetika

Pernahkah anda melihat atau mendapatkan seseorang tertidur ketika mendengarkan sebuah pidato atau ceramah? Tentu hal ini sangat sering kita jumpai bukan? Mengapa hal ini dapat terjadi? Salah satu faktor penyebabnya adalah kondisi kebosanan yang terjadi selama proses acara berlangsung, yang mana audiens atau peserta mengalami putus fokus sehingga menyebabkan rasa kantuk tidak dapat mereka tahan lagi.
Seseorang berbicara secara efektif atau menarik dalam presentasi, dapat meningkatkan titik fokus dari peserta sehingga meminimalisir bahkan dapat menghilangkan rasa bosan. Hal ini dapat berdampak pada penyampaian materi atau informasi secara tepat sasaran dan keberhasilan dalam penyampaian itu sendiri. Oleh karena itu, adanya media proyeksi menjadi salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk menarik minat dan interest audiens dalam memperhatikan apa yang kita sampaikan.
  • Untuk menyempurnakan tampilan anda di hadapan kolega

Pertemuan bisnis juga sering dilakukan bukan hanya pada lingkungan internal saja. Ada beberapa kesempatan, dimana kita diharuskan melakukan presentasi dihadapan kolega kita baik vendor ataupun investor. Tentu tujuannya adalah mempererat hubungan antara kedua belah pihak dan pencapaian tujuan bersama secara mutlak. Oleh karena itu, profesionalitas harus kita tunjukkan kepada mereka agar kita dapat lebih mudah untuk mencapai apa yang menjadi tujuan perusahaan dan tujuan bersama. 

Proyektor short throw

Proyektor short throw memungkinkan anda memproyeksikan gambar pada ruang yang kecil, misalnya pameran dagang untuk demonstrasi video proyek anda, informasi kontak untuk tenaga penjualan atau produk baru. Anda juga dapat menggunakan proyektor ini untuk melakukan penayangan konten media social real-time termasuk reaksi dan pertanyaan untuk pembicara.
Selain itu, anda juga dapat menggunakan proyektor untuk menampilkan informasi seperti jadwal acara atau peta kampus untuk peserta.
Proyektor dapat menjadi solusi terbaik untuk menyatukan diri individu dalam perusahaan baik internal maupun eksternal. Salah satunya adalah dengan diadakannya meeting atau pertemuan-pertemuan seperti konferensi, pelatihan, dan lain sebagainya sebagai bentuk interaktif dan kolaboratif yang sempurna.

Memilih teknologi yang tepat  untuk ruang rapat dan pelatihan, sangat penting untuk diperhatikan guna menciptakan kepuasan dan retensi karyawan. Jelajahi solusi teknologi apa yang terbaik untuk ruang pelatihan dan presentasi anda dalam memaksimalkan produktivitas dan kepuasan dalam organisasi anda