Senin, 13 April 2020

Mengenal Proses Screen Mirroring pada TV “Smartphone to TV”
Screen mirroring merupakan suatu teknologi nirkabel yang memungkinkan anda untuk mengalihkan media yang diputar di perangkat Android, Windows, atau Apple yang lebih kecil ke media yang lebih besar sebagai gantinya untuk pengalaman menonton yang lebih baik.

Yang termasuk kedalam perangkat yang lebih besar yaitu televisi maupun media proyektor.
Untuk menggunakan screen mirroring, diperlukan perangkat yang memenuhi persyaratan minimum. Yakni ponsel atau tablet anda harus mendukung screen mirroring dan juga dapat mengirimkan data. Hal ini juga berlaku untuk TV ataupun proyektor.

Berkenaan dengan TV, ada 2 teknologi luas. Pertama anda dapat melakukan mirroring pada TV yang lebih baru (keluaran terbaru), atau anda dapat membeli perangkat streaming media dan menghubungkannya ke port HDMI yang tersedia di TV keluaran lama (tua). Karena data tiba secara nirkabel dan melalui sebuah jaringan rumah, maka TV yang terhubung harus dikonfigurasi untuk terhubung ke jaringan itu juga.

Screen mirroring memudahkan anda untuk melihat tampilan layar smartphone anda atau perangkat lain yang kompatibel ke TV tanpa perantara kabel. Jadi, ketika anda ingin melakukan pemutaran video player atau mp3 dari smartphone anda, anda dapat melihatnya di layar TV. Hal ini biasanya dapat dilakukan untuk melihat video yang tersimpan di perangkat eksternal anda, atau memudahkan rekan anda untuk melihat permainan yang sedang anda mainkan di aplikasi smartphone anda.

Cara mengaktifkan screen mirroring pada TV

  1. Pertama, tekan tombol SOURCE pada remote control anda.
  2. Kedua, setelah menampilkan beberapa pilihan (HDMI 2, HDMI3, dan Screen Mirroring), pilih Screen Mirroring.
  3. Selanjutnya, pada layar TV anda akan muncul informasi bahwa TV sedang menunggu perangkat yang akan dihubungkan ke TV.
  4. Setelah screen mirroring ini aktif, segera hubungkan perangkat atau smartphone anda. Jika dalam waktu 2 menit perangkat tidak juga dihubungkan, maka secara otomatis proses scan akan berhenti.

Cara mengaktifkan screen mirroring pada smartphone Samsung Galaxy S5 

  1. Setelah screen mirroring pada TV sudah aktif, segera aktifkan aplikasi screen mirroring di smartphone anda.
  2. Usap ke bawah untuk menampilkan notifikasi dari atas layar smartphone anda. Klik ikon yang bertuliskan “Screen Mirroring”.
  3. Setelah anda mengaktifkan screen mirroring tersebut, maka smartphone akan mencari TV. Agar dapat terhubung ke TV, lakukan proses ini pada jarak kurang dari 3 meter.
  4. Setelah menemukan jaringan TV tersebut, klik untuk kemudian terhubung.
  5. Layar smartphone anda akan terlihat pada TV. Akses pengaturan screen mirroring pada menu notification.
  6. Buka aplikasi yang ingin anda tampilkan di layar TV melalui smartphone anda. Maka secara otomatis tampilan pada perangkat anda sudah dapat terlihat pada layar TV.

Pengalaman yang menakjubkan

Setelah anda melihat media melalui mirroring layar, anda dapat mengendalikannya melalui ponsel anda. Anda dapat memajukan atau memundurkan, memberi jeda, atau memulai ulang pada aplikasi yang anda buka (video misalnya). Meskipun demikian, kecil kemungkinan anda akan mengendalikan TV itu sendiri.

Cara kerja dalam membuka aplikasi via smartphone pada layanan mirroring

Secara garis besar, berikut ini cara menjelajah aplikasi media di smartphone anda:
  • Buka aplikasi apapun yang ada di perangkat smartphone anda
  • Ketuk ikon mirroring yang muncul disana.
  • Jika anda memiliki perangkat yang dapat di mirror, anda akan melihatnya terdaftar di sana. Hubungkan dengan TV yang telah diaktifkan screen mirroring-nya.

Sensasi menonton yang paling asik

Menghubungkan perangkat pada layar TV, tentu menjadi suatu hal yang sangat menarik. Saat anda menginginkan tampilan game anda menjadi sangat besar, tentu hal ini akan sangat membantu. Dengan tampilan yang jauh lebih besar (dari smartphone), tentu membuat sensasi bermain anda semakin menantang.

Ditambah lagi, rekan anda juga dapat ikut menyaksikan keseruan permainan yang anda mainkan. Anda juga dapat melakukan battle dengan rekan anda tanpa halangan screen yang terbatas. Metode ini tentu sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar pengguna multimedia. Terutama bagi mereka yang membutuhkan metode ini dalam keperluannya.

Bukan hanya sebatas game saja, anda juga dapat memutar film atau video clip yang tersimpan dalam memori eksternal anda. Untuk keperluan cinema, tentu hal ini juga sangat sayang untuk dilewatkan.

Teknik yang sangat mudah

Seperti yang telah anda lihat pada uraian diatas “Cara menghubungkan smartphone pada layar TV melalui screen mirroring”, bukankah metode dan langkah-langkahnya sangat mudah untuk diikuti?

Tidak memerlukan perangkat tambahan atau media lain, cukup dengan sebuah smartphone dan sebuah TV yang masing-masing telah terhubung aplikasi Screen Mirroring. Hal ini tidak jauh berbeda dengan metode sambung hotspot dengan akses wifi. Hanya saja hal ini merupakan sistem transfer suatu file ke perangkat lain yakni TV.









Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

Contact Us

Phone :

0813-9105-2952

Alamat :

- Jl. Tukangan No.13, Tegal Panggung, Danurejan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55212

- Tahunan UH3 RT.10 Rw.02 No.188, Tahunan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55167

- Jl. Gayam No.11, Semaki, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55165

Email :

spmj29@gmail.com