Jumat, 31 Maret 2017

Kamu Wajib Tahu! Apa Saja Sih yang Wajib Diperhatikan dalam Memilih Proyektor?! Simak Tulisan di Bawah Ini!

CARA MEMILIH MERK PROYEKTOR

Perkembangan zaman telah merubah gaya hidup manusia. Mulai dari cara berpakain, jenis makanan hingga cara menyampaikan pendapat. Berapa tahun yang lalu, sistem pembelajaran masih menggunakan papan tulis dan kapur dikarenakan debu yang dihasilkan kapur maka penulisan berubah mengunakan writebroad dan spidol. Di era 2000an sistem pembelajaran beralih menggunakan proyektor, dengan sistem ini file yang akan disampaikan kepada mahasiswa atau pelajar dapat dipindah-pindah dengan fleksibel serta mahasiswa yang berada diruang besar dapat melihat gambar/tulisan yang jelas.
Kenyamanan yang ditawarkan proyektor menjadikan alat elektronik ini berkembang kebidang yang lain. Seperti acara pesta, seminar hingga home teater. Dengan menggunakan proyektor sebagai home teater, sobat tidak perlu dipusingkan dengan mengantri tiket dibioskop dan memiliki ruangan yang lebih privasi untuk keluarga. Waktu yang diperlukan juga sangat fleksibel. Hal inilah yang menjadikan home teater menjadi pilihan keluarga modern.
Sobat SPMJ, melihat pentingnya fungsi proyektor banyak diantara sobat yang mulai menyisihkan bugjet untuk membeli alat elektronik yang satu ini. Hal proyektor sebenarnya cukup mahal jadi sobat harus memperhatikan beberapa hal sebelum memutuskan membeli proyektor. Berikut beberapa tips sebelum sobat memilih merk proyektor
  1. Fitur yang di Tawarkan Proyektor

Setiap merk memiliki kelebihan fitur yang menarik perhatian sobat salah satunya Wi-fi. Lalu, fitur seperti apakah yang sebaiknya kita perhatian sebelum memilih proyektor? Yang pertama adalah brightness. Brightness adalah tingkat pencerahan pada proyektor. Semakin besar brightness yang dimiliki proyektor, maka semakin baik proyektor tersebut. Untuk brightness biasanya disebut dengan satuan Lumens. Misalnya 4.000 lumens.
Fitur kedua yang perlu diperhatikan adalah Resolusi. Resolusi yang terdapat pada proyektor mempengaruhi hasil gambar. Semakin besar resolusi makan hasil proyeksi gambar menjadi lebih halus. Resolusi yang dimaksud disini adalah bagian terbesar dalam pixel yang terdapat pada tampilan layar. Sedangkan untuk pengertian pixel adalah bagian terkecil dari gambar yang diproyektsikan. Jenis panel resolusi yang paling dasar ada 3 yaitu: SVGA (800 x 600), XGA (1024 x 768), dan SXGA (1280 x 1024).
Fitur ketiga yang patut menjadi perhatian sobat sebelum membeli proyektor adalah contras ratio. Contras ratio berhubungan dengan hasil warna yang ditampilkan proyektor. Semakin tinggi contras ratio maka semakin terlihat warna tergelap, warna hitam, warna terterang dan warna putih. Contras ratio pada proyektor memberi perbedaan, tebal warna yang satu dengan yang lain yang diproyeksikan oleh proyektor.
  1. Ukuran Proyektor

Sobat SPMJ, setiap manusia memiliki aktifitas yang perbeda-beda. Penggunaan proyetor untuk aktifitas tertentu menjadi bahan pertimbangan sebelum memilih proyektor. Untuk sobat yang beraktifitas didalam ruangan, gunakan proyektor yang sesuai dengan kegiatan didalam ruangan disini ukuran proyektor tidak menjadi masalah selama proyektor tersebut tidak berpindah-pindah. Tetapi untuk sobat yang memiliki mobilitas tinggi, gunakan proyektor yang berukuran kecil dan untuk sobat yang ingin menikmati home teater dapat menggunakan proyektor dengan ukuran layar yang besar.
  1. Kelengkapan Fitur

Pada proyektor dengan merk-merk tertentu memiliki fitur tambahan sebagai fasilitas lebih. sobat dapat memilih kelebihan tersebut sesuai dengan kebutuhan. Sebagai contoh sobat yang memiliki mobilitas tinggi dapat mencari proyektor yang menggunakan Wireless sehingga sobat tidak terlalu repot membawa kabel.
  1. Pengguna Proyektor

Hal lain yang perlu diperhatian sebelum membeli proyektor adalah pengguna proyektor tersebut. Untuk sobat yang bekerja sebagai pengajar maka proyektor dengan ukuran standar cukup untuk memenuhi kebutuhan penonton karena hasil yang diproyeksian sebagaian besar adalah tulisan. Jika sobat inggin menggunakan proyektor untuk hiburan, gunakan proyektor dengan kualitas yang tinggi. Kualitas tinggi yang dimaksud disini adalah brightness, contrast ratio dan resolusi yang besar karena akan memperjelas gambar-gambar bergerak.
  1. Penempatan Proyektor.

Saat sobat hendak membeli proyektor, perhatikan juga posisi proyektor akan ditempatkan karena proyektor memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Ada proyektor yang berkerja maksimal diruangan sempit dan proyektor yang maksimal bekerja diruangan besar.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

Contact Us

Phone :

0813-9105-2952

Alamat :

- Jl. Tukangan No.13, Tegal Panggung, Danurejan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55212

- Tahunan UH3 RT.10 Rw.02 No.188, Tahunan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55167

- Jl. Gayam No.11, Semaki, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55165

Email :

spmj29@gmail.com